Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Sebut Makkah dan Madinah Milik Umat, Bukan Milik Keluarga

Iran Sebut Makkah dan Madinah Milik Umat, Bukan Milik Keluarga

Proses Melempar Jumrah bagi Jamaah Haji (republika.co.id)
dakwatuna.com – Teheran. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatolah Ali Khameini menyebut tidak ada negara yang punya hak melarang kaum muslimin menunaikan ibadah haji. Bahkan untuk negara pengelola haji sekalipun.

Dikutip Aljazeera, Selasa (17/07), hal itu disampaikan Khameini di hadapan para pejabat yang mengurusi pelaksanaan ibadah haji bagi warga Iran.

Menurut Khameini, Masjidil Haram, Masjidi Nabawi, Kota Makkah dan Madinah, merupakan tempat-tempat suci bagi seluruh umat Islam. Tempat-tempat itu bukan milik sebuah negara, keluarga atau pribadi tertentu.

Secara tidak langsung, Iran mengingatkan Arab Saudi bahwa tempat suci itu adalah milik seluruh Umat Islam. Maka tidak seharusnya tempat suci dijadikan agenda politik.

Khameini juga menyebut negara yang menghalangi Umat Islam untuk berkunjung menjalankan ibadah haji, sama dengan melakukan pengusiran umat dari Baitullah al-Haram.

Warga Iran tidak dapat menjalankan ibadah haji pada tahun 2016. Hal terjadi setelah perundingan antara Teheran dan Riyadh menemui kebuntuan. Namun tahun 2017 lalu kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan.

Pernyataan Khameini dilontarkan beberapa saat setelah pengumuman bahwa Teheran akan membuka kantor pengurus haji di Saudi. Sementara Saudi dan Iran masih menemui kebuntuan diplomasi akibat perbedaan sikap atas isu-isu di Kawasan.

Hamid Muhammadi, Ketua Komite Haji Iran mengatakan, negaranya akan membuka kantor urusan haji di Saudi. Menurutnya, itu setelah ada kesepakatan awal antara Teheran dan Saudi.

Seperti diketahui, Riyadh memutus hubungan diplomatik dengan Teheran sejak 2016 lalu. Setelah terjadi insiden penyerangan terhadap kantor kedutaan Saudi di Teheran. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization