Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Terkait Hubungan dengan Arab Saudi, Menlu Iran: Kami Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga

Terkait Hubungan dengan Arab Saudi, Menlu Iran: Kami Menjaga Hubungan Baik dengan Tetangga

Ilustrasi. (alquds.co.uk)

dakwatuna.com – Teheran. Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Mohamad Javad Zarif, menyebut negaranya berupaya menjaga hubungan baik dengan tetangga. Hal ini, ia katakan menanggapi hubungan Iran dan Arab Saudi.

Terkait hubungan dengan Arab Saudi, Menlu Zarif menyebut Iran berupaya menjalin hubungan dan kerja sama yang baik di Kawasan. “Kebijakan kami berdasarkan pada aspirasi tetangga,” katanya, dilansir dari alquds.co.uk, Ahad (03/08/2017).

Lebih lanjut, Menlu mengatakan, “Kita memerlukan kawasan yang aman dan kapabel. Kami yakin, kapabilitas kawasan kita bergantung pada rakyat di kawasan itu, serta hubungan dan koordinasi antar negara-negara di tingkat regional.”

“Negara asing tidak akan mampu menghadirkan keamanan dan kekuatan pada Kawasan. Kami percaya, kapanpun negara tetangga siap, Republik Islam Iran akan menjadi tetangga yang kuat dan kooperatif,” yakinnya.

Selain itu, Menlu juga menyebut situasi lapangan di Suriah berangsur membaik. Para kelompok takfiri dan ekstrimis hidup dalam kondisi penuh warna. Hal itu merupakan kesempatan bersejarah untuk memunculkan solusi politik di Suriah.

Menlu menambahkan,”Kami selalu percaya, krisis di Kawasan termasuk krisis Suriah dan Yaman, tidak mesti diselesaikan dengan militer. Solusi satu-satunya adalah solusi politik yang berdasarkan partisipasi masyarakat dalam menentukan masa depan negaranya.”

Seperti diketahui, Arab Saudi memutus hubungan dengan Iran awal tahun lalu. Hal itu disebabkan serangan kantor kedutaan dan konsulat Saudi di Teheran. Selain itu, eksekusi terhadap tokoh Syiah, al-Nimr Baqir al-Nimr oleh Saudi juga turut memperburuk hubungan kedua negara. (whc/dakwatuna)

Sumber: Al-Quds Al-Arabi

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Trump Batalkan Rencana Gempur Iran Secara Mendadak

Figure
Organization