Home / Berita / Internasional / Asia / Korea Utara Lanjutkan Aktivitas Penelitian Nuklir

Korea Utara Lanjutkan Aktivitas Penelitian Nuklir

Layar TV menunjukkan rekaman file pembongkaran menara pendingin di kompleks reaktor utama Korea Utara di Yongbyon pada tahun 2008. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Pyongyang. Korea Utara terus melakukan perbaikan pada fasilitas nuklirnya, kata monitor nuklir, Rabu (27/06), meskipun ada komitmen denuklirisasi di Semanjung Korea saat KTT Singapura.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah berjanji untuk bekerja keras guna mencapai tujuan dari pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump awal bulan ini.

Namun pertemuan di Singapura itu gagal mendefinisikan denuklirisasi secara jelas. Atau menyebutkan tenggat waktu penghancuran persenjataan atom Korea Utara.

Trump mengklaim proses denuklirisasi akan berjalan cepat. “Itu akan menjadi denuklirisasi total, seperti yang telah terjadi,” imbuhnya pekan lalu.

Namun pantauan satelit baru-baru ini menyebut operasi di situs nuklir utama di Yongbyon utara terus berlanjut. Selain juga pekerjaan infrastruktur yang terus berjalan, kata situs terpercaya 38 North.

“Satelit komersial sejak 21 Juni menunjukkan perbaikan infrastruktur di … Pusat Penelitian Ilmiah Nuklir Yongbyon terus berjalan, tulis di laman tersebut.

Laman juga mencatat operasi lanjutan di pabrik pengayaan uranium Korea Utara dan sejumlah instalasi baru di situs itu. Termasuk juga kantor teknik dan jalan masuk ke sebuah bangunan reaktor nuklir. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi