Home / Berita / Internasional / Asia / Kepada Presiden Cina, Kim Jong-un Janji Lucuti Senjata Nuklir

Kepada Presiden Cina, Kim Jong-un Janji Lucuti Senjata Nuklir

Presiden Cina (kanan) menyambut Presidn Korut di Beijing. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Beijing. Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, berjanji kepada Presiden Cina Xi Jinping untuk melucuti senjata nuklir di Semenanjung Korea. Hal itu disampaikan saat keduanya bertemu di Beijing. Sementara Presiden Xi menyebut siap memperkuat kembali hubungan kedua negara.

Kantor berita Cina, Xinhua, pada Rabu (28/03/2018) pagi menyebutkan, Kim berkunjung ke Beijing dan bertemu Xi. Kunjungan selama Ahad hingga Rabu itu disebut sebagai ‘kunjungan tak resmi’.

Pada kesempatan tersebut, Ki mengatakan, “Masalah pelucutan senjata dari Semenanjung Korea sangat mungkin tercapai jika Korsel dan AS menerima niat baik kami untuk mewujudkan situasi yang damai dan stabil.”

Menurut Kim, sikap negaranya konsisten dengan denuklirisasi di kawasan tersebut. “Hal ini sejalan dengan keinginan mendiang Presiden Kim Il Sung dan mendiang Sekjen Kim Jong Il,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Xi menyatakan bahwa hubungan bersejarah kedua negara harus dikembangkan untuk lebih baik.

“Ini pilihan strategis, sebuah pilihan tepat yang dippilih dua negara berdasarkan sejarah dan fakta. Ini tidak boleh berubah, dan tidak akan berubah sebab suatu peristiwa di waktu tertentu,” lanjut Xi.

Presiden Xi menggelar jamuan untuk menyambut Kim dan istrinya. Sementara Kim menyatakan, sebuah keharusan baginya untuk menjadikan Beijing sebagai destinasi pertama kunjungan luar negeri sejak menjabat Presiden.

Untuk diketahui, kunjungan Kim ke Beijing ini merupakan kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjadi penguasa Korut pada 2011 silam. Para berkeyakinan, hal ini sebagai persiapan untuk bertemu pemimpin Korsel dan AS.

Menurut jadwal Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada bulan Mei 2018 mendatang. Banyak pihak menilai, ini akan menjadi pertemuan bersejarah dan diharapkan solusi nuklir di Semenanjung Korea dapat disepakati. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Duduk Berdampingan dengan Menlu Yaman, Netanyahu: Kami Ukir Sejarah

Organization