Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kecelakaan Kapal Feri Cepat Kembali Terjadi di Hongkong

Kecelakaan Kapal Feri Cepat Kembali Terjadi di Hongkong

Kecelakaan kapal feri di Hongkong (freemalaysiatoday.com)
Kecelakaan kapal feri di Hongkong (freemalaysiatoday.com)

dakwatuna.com – Cina. Sumber Pemerintah Cina di Hongkong menyebutkan masih menyelidiki penyebab kecelakaan kapal feri akhir pekan kemarin yang menyebabkan 124 terluka, termasuk lima kritis, di tengah kekhawatiran publik atas keselamatan transportasi air itu.

Sebagaimana diberitakan AFP (25/10/2015), penyidik ​​masih tidak tahu apa yang menyebabkan kecelakaan pada Minggu kemarin, ketika feri berkecepatan tinggi dari Macau ke Hong Kong menabrak sebuah “objek tak dikenal” di dalam air.

“Kami merasa sedih dengan sejumlah besar orang yang terkena dampak kecelakaan ini. Kementerian Kelautan akan melihat lebih jauh penyebab itu,” kata pejabat transportasi kota Hongkong, Anthony Cheung.

Dari 163 penumpang dan 11 awak, total 124 berusia antara enam hingga 83 tahun menderita luka-luka. Pihak rumah sakit pada Senin (26/10/2015) menyebutkan sebagian besar korban sudah diperbolehkan pulang, namun 33 orang masih dirawat termasuk lima orang yang terluka parah.

Operator kapal feri, Shun Tak, mengatakan air telah meresap ke dalam kamar mesin kapal dan sayap belakang rusak setelah tabrakan. Sebuah operasi penyelamatan besar dipasang setelah feri kehilangan keseimbangan akibat kecelakaan itu.

Kapal feri cepat di Hongkong (therakyatpost.com)
Kapal feri cepat di Hongkong (therakyatpost.com)

Kota Hongkong memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, dengan ratusan feri berkecepatan tinggi, kapal kargo, kapal nelayan dan kapal pesiar keluar masuk setiap hari.

Kekhawatiran atas keselamatan maritim meningkat setelah serentetan kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk kecelakaan pada tahun 2012 yang menewaskan 39 orang ketika feri berkecepatan tinggi bertabrakan dengan kapal pesiar di dekat Pulau Lamma.

Pada 2013, feri berkecepatan tinggi lain menabrak sebuah objek tak dikenal, melukai 87 dan meningkatkan kritikan terhadap atas masalah pembuangan sampah. Pada Juni 2014, lebih dari 50 orang dilaporkan terluka ketika sebuah feri Macau menabrak batu karang. (rem/dakwatuna)

Sumber: AFP

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization