Home / Berita / Internasional / Asia / Cina Khawatir Unjuk Rasa Dukung Muslim Uighur di Turki

Cina Khawatir Unjuk Rasa Dukung Muslim Uighur di Turki

Unjuk rasa dukung muslim Uighur di Turki (islammemo.cc)
Unjuk rasa dukung muslim Uighur di Turki (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Cina. Jubir Kementerian Luar Negeri Cina, Chun Ling, menyampaikan kekhawatiran negaranya terhadap maraknya aksi unjuk rasa di Turki mengecam perlakuan diskriminatif yang diterima warga muslim minoritas di Xinjiang (Uighur), Cina bagian barat.

Muslim Uighur adalah warga minoritas yang dilindungi, sepuluh juta warga muslim Uighur hidup dalam keadaan aman dan damai selama ini di wilayah Xinjiang, klaim Ling.

Ling membantah jika warga muslim Uighur tidak memiliki kebebasan dalam menjalankan ibadah dan mendapatkan intimidasi selama ini. Lebih lanjut, Ling meminta pihak Turki untuk menjamin keamanan warga dan fasilitas publik yang dimiliki Cina di Turki.

Sebelumnya, warga Turki menggelar sejumlah aksi unjuk rasa dan long march mengecam Cina yang telah melarang pegawai dan pelajar muslim di wilayah Xinjiang berpuasa sepanjang bulan Ramadhan.

Pemerintah Turki juga melayangkan surat kepada Kedubes Cina di Ankara meminta penjelasan perihal larangan beribadah untuk warga muslim Cina di wilayah yang berdekatan dengan Turki tersebut. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

100 Hari Masa Pemerintahan, Erdogan Berhasil Wujudkan 340 dari Total 400 Program Kerja