Home / Berita / Internasional / Eropa / Warga Turki Unjuk Rasa Dukung Mursi dan Tuntut Museum Aya Sofia Kembali Jadi Masjid

Warga Turki Unjuk Rasa Dukung Mursi dan Tuntut Museum Aya Sofia Kembali Jadi Masjid

Unjuk rasa menentang hukuman mati Mursi di Turki (aa.com.tr)
Unjuk rasa menentang hukuman mati Mursi di Turki (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Ribuan warga Turki dikabarkan menggelar aksi unjuk rasa di Medan Sultan Ahmad di Istanbul, menentang hukuman mati rezim kudeta di terhadap Presiden Mursi dan sejumlah petinggi Ikhwanul Muslimin.

Para pengunjuk rasa meneriakkan yel-yel “Bertahanlah Mursi, Turki Mendukungmu” dan “Pergilah As-Sisi, Kami Bersama Mursi” serta “Penghalang akan Roboh, Masjid Aya Sofia akan Terbuka Kembali”.

Sebagaimana diberitakan kantor berita Anadolu (25/5/2015), para pengunjuk rasa juga menuntut agar Museum Aya Sofia difungsikan kembali menjadi masjid.

Para pengunjuk rasa berkumpul di depan Masjid Sultan Ahmad di tengah Istanbul, kemudian melanjutkannya dengan aksi long march ke Museum Aya Sofia.

Museum Aya Sofia awalnya adalah katedral sebelum diubah menjadi masjid setelah penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Fatih pada tahun 1453. Selama beratus tahun Aya Sofia menjadi masjid hingga kemudian diubah menjadi museum oleh rezim sekuler Kamal Ataturk pada tahun 1935. (anadolu/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia