Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menhan AS Janji Akan Terus Tekan Korut

Menhan AS Janji Akan Terus Tekan Korut

Menhan AS (kiri) bersama Menhan Korsel. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Seoul. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS), James Mattis mengatakan, negaranya dan Korea Selatan (Korsel) akan terus menekan Korea Utara (Korut). Menurutnya, itu dilakukan hingga Pyongyang mengakhiri proyek nuklir-nya.

Dilansir Aljazeera.net, Sabtu (27/01/2018), hal itu disampaikan Mattis saat konferensi pers bersama dengan Menhan Korsel, Song Yong-moo, di kantor The Pasific Ocean Headquarter, Hawaii.

“Sebagai dua negara yang cinta damai, AS dan Korsel menyambut baik dialog untuk olimpiade. Selain itu, kami juga akan terus menggalang tekanan ekonomi internasional untuk membersihkan Semenanjung Korea dari nuklir,” kata Mattis.

Kepada Presiden Korut, Kim Jong-un, Mattis mengatakan, “Diplomasi harus membawa logika atas pernyataan ceroboh dan provokasi Kim. Dialog terkait pelaksanaan olimpiade dan masa tenang dalam hubungan Korea, tidak menyelesaikan masalah.”

Lebih lanjut, Mattis menyebut rezim Kim merupakan ancaman bagi seluruh dunia. “Respon kami atas ancaman ini diawali dengan diplomasi. Selain mendukungnya dengan ancaman militer, sehingga diplomasi kami berbicara dengan kekuatan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menhan Korsel Korsel menyebut bahwa opsi penyelesaian secara militer atas krisis di Semenanjung Korea, tidak dapat diterima.

Pada awal bulan lalu, Korsel dan Korut sepakat atas partisipasi atlet Kourt dala olimpiade PyeongChang yang digelar di Korsel, Februari mendatang. Terkait hal, Seoul menyebutnya sebagai olimpiade perdamaian, yang menjadi pintu dialog dengan Pyongyang.

Korut sebelumnya juga telah mengumumkan kesiapan untuk berdialog tanpa syarat. Namun, Washington memaksa Korut untuk melakukan tindakan yang mengindikasikan pelucutan senjata nuklirnya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization