Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Dunia Sambut Baik Tekad Korut Hentikan Uji Coba Nuklir

Dunia Sambut Baik Tekad Korut Hentikan Uji Coba Nuklir

Rudal Korut. (arabic.sputniknews.com)

dakwatuna.com – Pyongyang. Dunia menyambut baik pengumuman Presiden Korea Utara terkait penghentian uji coba nuklir. Setidaknya hal itu cukup menggembirakan bagi Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan Cina.

Presiden AS Donald Trump langsung menyambut baik pengumuman Kim Jong-un tersebut. Menurutnya, itu merupakan kabar gembira untuk Korsel dan dunia. “Pengumuman itu sebuah kemajuan besar,” imbuh Trump, melalui akun twitternya.

Senada dengan AS, Cina juga menyambut baik keputusan Kim Jong-un. Melalui Kemenlu-nya, Cina menyebut hal itu turut berkontribusi dalam melucuti senjata nuklir dari Kawasan.

Sebelumnya, Presiden Kim Jong-un mengumumkan akan menghentikan uji coba senjata nuklir. Sebagai gantinya, pemerintahannya akan fokus pada perbaikan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup rakyat.

Kebahagiaan juga turut dirasakan tetangga Korut, Korea Selatan. Seoul menyatakan, keputusan Pyongyang merupakan kemajuan nyata.

“Keputusan Korut adalah kemajuan nyata untuk menghilangkan senjata nuklir dari Semenanjung Korea, yang selama ini diharapkan dunia,” kata pernyataan resmi Kepresidenan Korsel.

Lebih lanjut, pernyataan menambahkan, “Keputusan itu akan menciptakan situasi positif antara kedua Korea, dan antara Korut dengan AS.”

Sementara PM Jepang Shinzo Abe kepada wartawan menegaskan, pihaknya menyambut baik keputusan tersebut. “Tapi kami masih menantikan apakah langkah ini mengarah pada penghapusan semua senjata nuklir dan pemusnah masal atau tidak,” lanjut Abe. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization