Home / Berita / Internasional / Asia / Hasil Sementara Pemilu Turki: Ini Jumlah Perolehan Kursi AKP

Hasil Sementara Pemilu Turki: Ini Jumlah Perolehan Kursi AKP

AKP. (Turk Press)
dakwatuna.com – Ankara. perhitungan suara pemilihan anggota parlemen dan presiden Turki tengah berlangsung. Partai-partai peserta pemilihan memperebutkan 600 kursi yang tersedia di gedung parlemen.

Dari pantauan sementara, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) masih memimpin perolehan kursi. Dari 65,2% suara masuk, AKP memimpin dengan 44,7%.

Jumlah kursi AKP juga masih unggul jauh daripada para pesaingnya. Tercatat, hingga tulisan ini diturunkan partai penguasa telah memperoleh 351 kursi.

Posisi kedua ditempati oleh Partai Rakyat Republik (CHP). Partai beraliran sekuler itu sementara memperoleh 21,2% suara dengan 148 kursi.

Pertai Gerakan Nasional (MHP) berada di posisi ketiga dengan mengantongi 51 kursi. Di susul oleh Partai IYI dengan perolehan 48 kursi.

Dari 188.080 kotak suara yang tersebar di seluruh penjuru negeri, 126.360 di antaranya telah dibuka.

AKP juga unggul di 65 provinsi dari 81 provinsi yang ada di Turki. Sementara CHP unggul di 5 provinsi, sedangkan HDP (Kurdi) unggul di 11 provinsi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Enggan Serahkan Gulen, Trump Malah Desak Erdogan Bebaskan Pendeta AS

Organization