Home / Berita / Internasional / Asia / Hasil Sementara Pemilu Turki: AKP Unggul di 65 dari 81 Provinsi

Hasil Sementara Pemilu Turki: AKP Unggul di 65 dari 81 Provinsi

AKP unggul sementara. (Yeni Safak)
dakwatuna.com – Ankara. Hasil sementara perhitungan suara pemilihan presiden Turki mulai tampak. Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) unggul di 65 provinsi dari 81 jumlah provinsi di Turki.

Hingga berita ini diturunkan, jumlah suara masuk telah mencapai 59%. Dari jumlah itu, AKP memimpin dengan perolehan 45,2% suara.

Posisi kedua ditempati oleh Partai Rakyat Republik (CHP) dengan perolehan 20,9% suara.

Untuk posisi ketiga ada Partai Gerakan Nasional (MHP) dengan 11,8% suara, dan posisi keempat ditempati oleh Partai Rakyat Demokratik (HDP/ Kurdi) dengan 9,7% suara.

Partai IYI – partai baru besutan Meral Aksener, ada di posisi kelima dengan perolehan 9,6% suara.

Jika dilihat dari penguasaan provinsi, CHP menang di lima provinsi yaitu Kirklareli, Edirne, Tekirdag, Izmir, dan Mugla.

Sementara HDP yang merupakan representasi Kurdi unggul di 11 provinsi, yaitu Tunceli, Mus, Agri, Igdir, Van, Hakkari, Sirnak, Siirt, Batman, Mardin dan Diyarbakir.

Sedangkan AKP unggul di 65 provinsi sisanya. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Jangan Tutup-tutupi Fakta Pembunuhan Khashoggi