Home / Berita / Internasional / Asia / Inikah Film yang Akan Diputar di Bioskop Pertama Saudi?

Inikah Film yang Akan Diputar di Bioskop Pertama Saudi?

Studio bioskop. (cnnindonesia.com)

dakwatuna.com – Riyadh. Setelah lebih dari 35 tahun lamanya, akhirnya Arab Saudi akan membuka bioskop pertamanya dalam waktu dekat. Lalu film apa yang akan diputar untuk pertama kalinya di negeri Raja Salman itu?

Surat kabar The Daily Telegraph menjawab pertanyaan di atas. Dalam laporannya, disebutkan bahwa Film ‘Black Panther’ menjadi film pertama yang akan diputar di Saudi.

Black Panther adalah film pahlawan super Amerika berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama sama. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, film ini merupakan film kedelapan belas dari Marvel Cinematic Universe.

Masih menurut surat kabar Inggris Raya itu, pada era 70-an terdapat bioskop di Saudi. Namun para ulama saat itu menentang keras dan menekan agar ditutup.

Sementara Kantor Berita Saudi (SPA) menyebutkan, Kementerian Kebudayaan Saudi telah memberi lisensi kepada AMC Entertainment Holdings Inc. untuk pengoperasian bioskop, Rabu (04/04) lalu.

Menteri Kebudayaan Awwad Alawwad mengatakan, pemberian lisensi ini membuka peluang penting bagi investasi operator bioskop. Menurutnya, pasar Saudi sangat luas.

“Sebagian rakyat di bawah 30 tahun ingin menonton film favorit di negara mereka sendiri,” jelasnya.

Seperti dikutip Aljazeera.net, Kamis (05/04), pemerintah Saudi dan AMC Inc. sepakat akan membuka 30-40 bioskop di 15 kota dalam lima tahun kedepan. Selain itu, kedua pihak juga sepakat membuka 50 hingga 100 bioskop hingga tahun 2030 mendatang.

Pada Maret lalu, pemerintah mengumumkan perizinan bioskop di wilayah Saudi. Padahal bioskop selama ini dilarang di Saudi selama lebih dari tiga dekade. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Referendum Mesir, Cara As-Sisi Untuk Berkuasa Hingga 2030

Organization