Home / Berita / Internasional / Asia / Disebut Langgar HAM, Negara-negara Pemboikot Qatar Murka

Disebut Langgar HAM, Negara-negara Pemboikot Qatar Murka

Negara Pemboikot Qatar bantah tindakannya melanggar HAM. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Dilansir Aljazeera.net, Rabu (31/01/2018), Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir, mengeluarkan pernyataan bersama yang berisi bantahan terhadap laporan komite HAM PBB. Sebelumnya, utusan dari otoritas HAM PBB berkunjung ke Doha dan mengeluarkan laporan yang menyebut pemboikotan melanggar HAM.

Dalam pernyataan itu, keempat negara menyatakan bantahan terhadap laporan utusan PBB tersebut. Bahkan, mereka menyebut laporan itu menyesatkan di tengah krisis politik seperti ini.

Lebih lanjut, laporan itu disebut berisis tudingan-tudingan yang tidak benar. Selain itu laporan juga dituduh bias karena hanya mengadopsi narasi dari Qatar saja.

Laporan tersebut, tambahnya, hanya berisi keterangan terbatas terkait krisis. Mereka berdalih, pemboikotan terhadap Qatar dalam rangka melindungi kedaulatan dan keamanan nasionalnya. Selain itu, mereka juga menyeru utusan PBB agar memperbarui kesalahan yang ada pada laporan tersebut.

Sebelumnya, Komisaris Tinggi HAM PBB dalam laporannya menyebutkan, pemboikotan terhadap Qatar berdampak pada pelanggaran hak-hak manusia. Bahkan, pemboikotan disebut sebagai tindakan rasis.

Menurut Ketua Komnas HAM Qatar, Ali al-Marri, Komisi tersebut juga mengunjungi Doha pada 17 s/d 24 November lalu sebelum mengeluarkan laporannya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Erdogan: Saya Kenal Pembunuh Jamal Khashoggi

Organization