Topic
Home / Berita / Internasional / Qatar Siap Hadapi Pergerakan Militer Negara-negara Pemboikot

Qatar Siap Hadapi Pergerakan Militer Negara-negara Pemboikot

Menteri Luar Negeri Qatar. (aa.com.tr/ar)

dakwatuna.com – Doha. Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar, Syaikh Muhammad bin Abdulrahman Al Tsani mengungkapkan, negaranya siap jika harus menghadapi pergerakan militer dari negara-negara pemboikot. Dilansir dari Alkhaleejonline.net, Senin (20/11/2017), saat diwawancarai kantor berita Bloomberg Amerika tersebut, dirinya tidak menampik kemungkinan Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir, akan melakukan serangan militer ke Doha.

“Meskipun Qatar tidak mengharapkan hal itu (pergerakan militer, red), tapi kami sangat siap. Qatar sangat mungkin meminta para sekutu untuk membelanya, seperti Prancis, Turki, Inggris dan Amerika Serikat,” lanjutnya.

Menlu menambahkan, “Kami mempunyai cukup sekutu untuk mencegah mereka (pemboikot, red) untuk mengambil langkah ini, yang pasti akan mempengaruhi pangkalan militer AS.”

Lebih lanjut Menlu menjelaskan, pemboikotan sangat berpengaruh pada upaya koalisi internasional pimpinan AS dalam memerangi ISIS di Irak dan Suriah. Disebutkannya, pesawat angkut ‘C-17’ milik Qatar, merupakan pesawat utama yang menyuplai logistik bagi sekutu koalisi seperti Yordania dan Turki.

Seperti diketahui, AS memiliki pangkalan militer di Qatar. Pangkalan yang berisi sekitar 11 ribu pasukan itu terletak di 20 mil sebelah barat Doha.

Pangkalan tersebut merupakan yang terpenting di Teluk. Selain juga merupakan markas besar Komando Angkatan Udara AS.

Selain itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga telah berjanji akan terus memberi dukungan militer pada Qatar. Turki juga memiliki pangkalan militer Al-Rayyan, yang menampung sekitar tiga ribu pasukan.

Sebelumnya, Menhan Qatar Khalid al-Attiyah mengungkapkan, ada niat dari para pemboikot untuk mengubah sistem di Qatar melalui intervensi militer. “Setelah perselisihan dengan Raja Abdullah selesai, ia pun menarik pasukan yang sudah dimobilisasi di perbatasan Qatar. Ini bukti nyata, dan aku menjadi saksi,” katanya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Alkhaleej Online

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Qatar Kepada AS: Palestina Menanti Solusi Politik Yang Adil

Figure
Organization