Topic
Home / Berita / Internasional / IMF: Qatar Berhasil Atasi Dampak Krisis Teluk

IMF: Qatar Berhasil Atasi Dampak Krisis Teluk

Ilustrasi. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Rabat. Direktur Regional Timur Tengah dan Afrika untuk Internasional Monetary Fund (IMF), Jihad Azour, menyebutkan bahwa Qatar telah berhasil mengatasi dampak pemboikotan terhadap laju ekonominya. Menurutnya, hal itu dilakukan dengan mengambil langkah efektif untuk moneter dan perdagangan.

Dilansir dari Aljazeera.net, Sabtu (04/11/2017), Azour juga mengapresiasi langkah-langkah yang diambil pemerintah maupun bank sentral Qatar. Ia menyebut, langkah keduanya sangat cepat dan tepat sehingga mampu mengurangi dampak krisis pada ekonomi negara.

“Sektor non-migas Qatar akan tumbuh sebesar 4,7% tahun ini. Itu skala yang baik,” tambah Azour di sela-sela sebuah agenda di Maroko.

Namun, ia juga memperingatkan adanya dampak negatif dari konflik geopolitik terhadap perekonomian negara-negara Arab. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi yang ideal bagi wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara ada di angka 6% per tahun.

Sementara itu, Menlu Negara Qatar, Syaikh Muhammad bin Abdulrahman Al Tsani, kembali menegaskan kesiapan negaranya untuk berunding dalam Krisis Teluk. Hal itu ia sampaikan saat konferensi kebijakan internasional di Maroko.

Menlu juga kembali menekankan, krisis yang terjadi hanyalah dibuat-buat dan tanpa dasar yang jelas. Ia juga menyampaikan harapan agar negara-negara pemboikot mau membuka komunikasi untuk menyelesaikan krisis.

Ia menjelaskan, kawasan Teluk sudah penuh dengan berbagai krisis. Maka di sana sudah tidak perlu lagi adanya krisis tambahan.

“Kami berharap agar krisis ini segera diatasi dan diselesaikan dengan segera. Bukan karena kami menyadari adanya tantangan internal, melainkan berbagai tantangan juga akan dihadapi keseluruhan Kawasan,” kata Menlu.

Menlu melanjutkan, Kawasan sudah tidak mampu lagi mengatasi krisis tambahan. “Terlebih krisis yang sama sekali tidak berdasar dan berasas,” katanya. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Qatar Kepada AS: Palestina Menanti Solusi Politik Yang Adil

Figure
Organization