Home / Berita / Internasional / Asia / Gara-Gara Israel, Aljazair Tarik Kembali Buku Geografi yang Baru

Gara-Gara Israel, Aljazair Tarik Kembali Buku Geografi yang Baru

Palestina yang sudah diganti dengan Israel di dalam peta (aljazeera.net)
Palestina yang sudah diganti dengan Israel di dalam peta (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Aljazair. Kementerian Pendidikan Aljazair memutuskan untuk menarik kembali buku pelajaran geografi yang baru untuk siswa SMP kelas 1 setelah sebelumnya dibagikan ke para siswa.

Penarikan tersebut disebabkan kesalahan cetak, yaitu dengan meletakkan nama Israel menggantikan Palestina dalam peta dunia di dalam buku pelajaran tersebut.

Dalam keterangan pers sebagaimana diberitakan Aljazeera (16/9/2016), Kementerian Pendidikan Aljazair menegaskan akan melakukan penyelidikan guna mengetahui sebab kesalahan cetak dari pihak penerbit tersebut.

Kejadian salah cetak oleh badan penerbit milik pemerintah Aljazair ini dan penarikan kembali buku tersebut menarik perhatian para netizen di sosial media di Aljazair.

Para netizen menyebut kasus salah cetak itu sebagai aib dan kesalahan serius, terutama di tengah gencarnya kampanye Pemerintah Aljazair untuk melakukan reformasi sistem pendidikan.

LSM atas nama Gerakan Masyarakat Damai bahwa menyebutkan membentuk tim khusus untuk menyelidiki kasus salah cetak itu, sebagaimana diumumkan ketuanya tersebut, Abdul Razak Muqri, melalui akun medsosnya. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Organization