Home / Berita / Internasional / Asia / Syiah Mesir Minta Iran Pulihkan Hubungan dengan Kairo

Syiah Mesir Minta Iran Pulihkan Hubungan dengan Kairo

Utusan Syiah Mesir berkunjung ke Iran (islammemo.cc)
Utusan Syiah Mesir berkunjung ke Iran (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Mesir. Sejumlah pengikut ajaran Syiah di Mesir meminta pemerintah negara Syiah Iran untuk memulihkan hubungan dengan Mesir melalui pembukaan kembali kedutaannya di Kairo.

Sebagimana dikutip Islam Memo dari media “Ashru Maa” yang dekat dengan aliran konservatif Syiah di Iran menyebutkan bahwa petinggi Syiah Iran, Ayatullah ‘Abbas Al-Ka’biy, telah menerima kunjungan utusan dari kelompok Syiah Mesir yang melakukan kunjungan resmi ke Iran.

Utusan Syiah Mesir yang bertemu dengan sejumlah petinggi Syiah Iran itu terdiri antara lain Dr. Ahmad Rasim An-Nafis, Sayid Thahir Al-Hasyimy, ‘Imad Qandil.

Dalam berbagai kesempatan mereka memaparkan kondisi penganut Syiah di Mesir secara sosial, ekonomi, dan politik. Mereka merekomendasikan pemulihan hubungan diplomatik Mesir-Iran yang dinilai akan membawa perubahan signifikan dalam Dunia Islam.

Terutama saat ini pemerintahan kudeta As-Sisi dinilai tidak memusuhi Syiah di Mesir jika dibandingkan dengan kelompok yang mereka namakan “Wahabi Radikal” (menyerang Sunni termasuk Ikhwanul Muslimin).

Sebaliknya pihak Iran disebutkan menyambut baik situasi di Mesir saat ini dan mendorong Syiah Mesir untuk “bermesra-mesra” dengan rezim berkuasa di Mesir. Mereka menilai normalisasi hubungan dengan Mesir akan membawa perubahan baru di Timur Tengah nantinya. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Organization