Topic Archives: Ukhuwah Islamiyah

Kolaborasi Perjuangan

DR. Halim Mahmud menuliskan dalam karyanya yang berjudul Fiqh Al-Ukhuwah fi Al-Islami, “Orang-orang yang berukhuwah dalam Islam harus saling mengokohkan kekuatan satu sama lain dalam skala dunia Islam dengan melakukan perencanaan, koordinasi, dan segala persiapan yang mesti dilakukan. Kemenangan itu tidak lain hanyalah dari sisi Allah. Dia akan menolong dan memenangkan siapa saja yang di kehendaki-Nya. Dia Maha Perkasa lagi Penyayang”

Baca selengkapnya »

Kembali Mengenal Ukhuwah

Para sahabat Ansar tidaklah tanpa tekanan menerima Muhajarin, selain kondisi ekonomi mereka yang fakir (tekanan ekonomi), mereka juga dengan segala konsekwensi menerima Ansar mendapatkan tekanan politik dan keamanan (harus berhadapan dengan kaum musyrikiin yang memusuhi kaum Muslimin). Namun semua pertimbangan-pertimbangan tadi, pertimbangan ekonomi, pertimbangan politik dan keamanan musnah dengan pertimbangan keimanan dan pertimbangan ukhuwah, lenyap dengan pertimbangan cinta dan itsar.

Baca selengkapnya »

Menyambung Mata Rantai Persaudaraan di Kampus

Karena setiap muslim adalah saudara, maka sebagai seorang muslim harus saling mengingatkan. Dalam dunia kampus ketika ada kajian-kajian, kita bisa saling mengajak teman-teman kita untuk ikut dalam majelis ilmu. Saling sharing, karena kita sesama muslim itu bersaudara. Dan yang terpenting adalah mentoring. Karena mentoring adalah proses untuk “Akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini sangatlah luas, bisa jadi kedewasaan dalam memahami Islam, kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul--mengenal karakter manusia.

Baca selengkapnya »

Khutbah Idul Adha 1436 H: Tiga Pesan Moral Ibadah Haji Sebagai Spirit Kebangkitan

Akankah juga kita siap berkorban untuk meninggalkan zona kenyamanan kita selama ini kemudian bergerak menuju pada sebuah sikap kepedulian terhadap urusan agama ini, mengorbankan sebagian waktu kita untuk berfikir dan bekerja demi kembalinya izzatul Islam wal muslimin? Jika kita siap, maka itulah qurban yang juga bernilai tinggi di sisi Allah SWT. Allahu akbar walillaahil hamd!

Baca selengkapnya »

Sepelik Inikah Ukhuwah Kita?

Kita ini terlalu naif jika dibandingkan dengan keadaan generasi salaf. Suatu masyarakat yang dibangun dengan penuh kehangatan, cinta, dan ukhuwah. tidak ada kepura-puraan ataupun keegoisan. Allah dan Rasul-Nya selalu menjadi tempat kembali di saat perselisihan tak mungkin dielakkan. Alhasil, semua berakhir indah dalam bingkai ikatan aqidah.

Baca selengkapnya »

IBF Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Pameran buku Islam tahunan ini tidak sebatas penjualan buku islami dari penerbit islami, atau pembelian buku bagi penggemarnya, tapi persatuan umat Islam menjadi visi misi dari IKAPI sebagai salah satu penyelenggara agenda ini. Tak hanya diramaikan dengan penerbit-penerbit islami, tapi IBF mengundang penulis, pembicara, ulama dan pakar yang akan berdiskusi di panggung utama, seperti; kang Aher bersama DR Attabik Luthfi dalam pembahasan buku “The Golden Story of Abu Bakar Ash-Shidiq”, ada juga pakar Ushul Fiqh DR Taufiq Hulaimi membahas Fiqh Shaum, Hidayat Nurwahid, Ahmad Satori dan banyak ustad-lainnya yang akan mengisi di panggung utama setiap harinya.

Baca selengkapnya »