Topic Archives: Zakat

Peran Zakat dalam Pemberdayaan

Zakat produktif yaitu menunda pembayaran zakat dengan cara diinvestasikan yang keuntungannya untuk disalurkan kepada para mustahiq , dalam fiqih para ulama sepakat bahwa menunda pembayaran dengan diinvestasikan untuk disalurkan keuntungannya kepada mustahiq itu dibolehkan maksimal satu tahun dengan syarat kebutuhan jangka pendek mustahiq terpenuhi.

Baca selengkapnya »

Zakat Itu Memberdayakan, Zakat Yuk!

Zakat, bukti cinta kita kepada Allah SWT yang hasilnya bisa dirasakan langsung oleh sesama kita. Pastikan zakat kita menjadi penyuci bagi kita, berkah dan memberkahi sesama. Zakat tak perlu menunggu kaya, karena sejatinya, apa yang kita keluarkan, itulah yang kita punya. Semoga, hati-hati kita bisa lebih terketuk dan terbuka peduli pada sesama.

Baca selengkapnya »

Geliat Zakat Sebagai Pengentas Kemiskinan

Zakat adalah salah satu instrumen keuangan yang cukup ampuh dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Potensi zakat menurut Didin Hafidhuddin mencapai Rp 210 triliun pertahun, nyatanya baru terkumpul Rp. 1,7 triliun di tahun 2011. Bahkan potensi zakat yang diperkirakan sampai dengan saat ini mencapai RP 217 triliun. Ini artinya potensi zakat sangat besar apabila dikelola dengan baik. Dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.

Baca selengkapnya »

Zakat dan Kemaslahatan Umat

Zakat sangat berhubungan dengan kehidupan sosial, karena zakat berhubungan dengan pemberi dan penerima. Sehingga, di dalam konsep zakat saling berhubungan antara sesama manusia dan saling berinteraksi. Bahkan, zakat ini membuat ikatan antara yang kaya dengan yang miskin semakin harmonis.

Baca selengkapnya »