Topic Archives: Maulid Nabi Muhammad SAW

Sekilas Tentang Maulid Nabi SAW

Selasa depan (22/11/2018) umat Islam Indonesia merayakan maulid Nabi. Secara khusus, pemerintah menjadikannya sebagai hari libur nasional. Bagi sebagian masyarakat, perayaan Maulid adalah suatu  keharusan. Bahkan, sudah sejak jauh-jauh hari mereka menyiapkan berbagai hal untuk kepentingan perayaan maulid Nabi itu. Bagi sebagian lain, peristiwa maulid tak perlu dirayakan, bahkan menjadi suatu bid'ah yang menyesatkan.

Baca selengkapnya »

Menjernihkan Persoalan Maulid dan Natal

dakwatuna.com – Di penghujung tahun 2015 terdapat dua perayaan keagamaan yang hampir berbarengan. Tanggal 24 Desember adalah Maulid Nabi Muhammad, kemudian besoknya adalah perayaan Natal. Tiap tahun dirayakan secara meriah. Namun tanggal yang dirayakan bukanlah kelahiran dua Nabi tersebut. Bila ditelusuri sejarahnya, tanggal 25 desember adalah kelahiran dewa Matahari (Mithra). …

Baca selengkapnya »

Perayaan Maulid di Sudan, Unik dan Reflektif

Jika anda mengenal Sudan sebagai negara konflik, perang, kelaparan, et cetera et cetera, maka bolehlah anda berubah pikiran sebelum terlambat. Karena Sudan sudah mulai merangkak dan menggeliat dari kekacauan sisa perang. Ya betul, sisa perang. Karena memang perang sudah berakhir. Di tulisan ini, semoga pembaca bisa mendapat info dan pengetahuan baru tentang negeri dua nil ini. Negeri yang jika diceritakan serba-serbinya akan membat anda penasaran: kenapa saya baru mengetahuinya?

Baca selengkapnya »

Sehari Bersama Rasulullah SAW di Momen Maulid

Keinginan jiwanya mencari kebenaran dan semangatnya beribadah kepada-Nya, sebenarnya sangat cukup baginya jika Allah Swt memberikan jalan bagaimana cara beribadah kepada-Nya yang benar dan menjadikannya termasuk hamba-Nya yang bertakwa. Namun, Allah Swt. memberikan karunia yang lebih besar daripada itu, bahkan mengangkatnya sebagai salah satu utusan-Nya. Benarlah firman-Nya, “Allah lebih mengetahui (hikmah dan rahasia) di mana Dia menempatkan tugas kerasulan.” (Al-An’am: 124).

Baca selengkapnya »

Jika Cinta Dia

Jika kita cinta nabi, semestinya ibadah wajib tak pernah kita tinggalkan karena ibadah sunnahpun senantiasa dijalankan. Ibadah bukan lagi sekadar kewajiban, tapi kebutuhan. Rasulullah yang sudah dijamin Allah masuk surga saja sangat taat dan tekun beribadah, apalagi kita yang masih berlumur dosa seharusnya memastikan segala tingkah laku kita menjadi amalan yang bernilai ibadah.

Baca selengkapnya »
Organization