Topic Archives: Kesabaran

Sudahkah Kita Bersabar?

Sabar, sabar, dan sabar… dua tanganmu tidak akan cukup untuk menutup mulut orang-orang yang mencacimu tapi kedua tangan itu akan cukup untuk menutup kedua telingamu, jangan dengarkan ocehan mereka yang menjatuhkanmu dan tetaplah berjalan di atas jalan kebenaran. Jangan lupa untuk selalu berintrospeksi diri, orang lain yang salah atau niat kita yang keliru?

Baca selengkapnya »

Makna di Balik Sabar

Kesabaran yang paling utama adalah kesabaran dalam ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dimana pelakunya tersebut hanya akan berpangku kepada Allah swt seperti dalam surat Yusuf ayat 86. Orang yang memiliki akhlak sabar memiliki indicator tersendiri sehingga bias dikatakan bahwa ia adalah orang yang sabar. Orang yang bersabar adalah orang yang tidak mudah tersinggung dalam konteks pribadi berbeda hal jika menyangkut dengan urusan agama, Rasul serta kitab suci Al-Quran. Orang yang bersabar mau belajar dari kesalahan dirinya sendiri. Orang yang bersabar kreatif dan inovatif. Orang yang bersabar memiliki sifat cermat dan selektif dalam mengambil keputusan. Orang yang sabar tidak banyak mengeluh dengan keluhan yang tidak terus menerus. Orang yang sabar tidak suka mengumpat Allah. Orang yang sabar tidak suka mencari kambing hitam atau tathoyyur.

Baca selengkapnya »

Pendidikan Di Jalan Raya

Penting sekali memerhatikan perilaku kita dalam berkendara di jalan raya. Patuhi peraturan lalu lintas. Kepatuhan pada tata tertib lalu lintas, jadikan sebagai kesadaran hukum dan bukan keterpaksaan. Yakini bahwa perilaku kita memiliki korelasi pada karakter kita. Bagaimana perilaku kita di jalan raya dapat membawa pengaruh pada orang lain. Utamakan keselamatan diri dan orang lain. Jadilah pelopor ketertiban di jalan raya.

Baca selengkapnya »

Kesabaran yang Dicontohkan di Dalam Alquran

Jika kita mengaku beriman dan bertawakkal, maka sebaiknya kita bersabar dan senantiasa bersyukur atas segala kehendak Allah SWT. Selalu bertaubat atas dosa yang bisa mendatangkan azab Allah SWT, selalu bersyukur dan berprasangka baik bahwa rencana Allah SWT lebih baik, bahwa Allah SWT lebih mengetahui yang kita butuhkan, bahwa Allah SWT lebih mengetahui yang lalu dan yang akan datang, dan.... BERSABARLAH.

Baca selengkapnya »

Sabar, Syukur, dan Tawakkal Itu Mahal

Apapun yang terjadi sepanjang hidupnya dia tetap tersenyum manis dan tulus. Kondisi-kondisi di atas hanya sebagian kecil dari kondisi-kondisi menguji kesabaran, kesyukuran dan ketawakkalan orang yang mengaku beriman. Masih banyak kondisi yang lainnya, bagi mereka yang bersabar, bersyukur dan bertawakkal semua kondisi itu tidak mempengaruhi semua tindakannya, dia tetap ceria dan tersenyum manis.

Baca selengkapnya »

Buah Kesabaran Seorang Budi

Sebelum kembali turis ini, takjubnya dia meminta kepada Budi untuk ikut kembali ke negaranya untuk menjadi asistennya sekaligus menyekolahkan budi di sana, rupanya si turis ini adalah seorang dosen di sebuah universitas yang terkenal di amerika. Turis ini bernama Jhon Andre Blower. Ibu Budi pun juga sangat setuju dengan permintaan ini. Hal ini merupakan tujuan awal dari Budi, yakni ingin bersekolah setinggi mungkin dan mendapatkan beasiswa di luar negeri. Di dalam hati, Budi selalu yakin bahwasanya apa yang diperolehnya sekarang merupakan buah kesabarannya. Ingat, sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan, dan senantiasa lah menjadi orang yang punya rasa syukur.

Baca selengkapnya »

Kapan?

Bersabar untuk sebuah janji memang tidaklah mudah, namun akan sangat istimewa kisahnya kelak. Bersyukurlah atas penantian panjang ini, karna sesungguhnya Allah masih memberimu kesempatan untuk terus memperbaiki diri, untuk terus menggali potensi, untuk terus mendewasakan diri.

Baca selengkapnya »

Hikmah Sebuah Kesabaran

Bersabarlah dalam apa pun jua, maka bersiaplah untuk menerima pertolongan Allah “Wahai orang-orang beriman mohonlah pertolongan dengan sabar.. (QS. Al Baqarah : 153)”. Syaikh Sa’id Hawwa menjelaskan pertolongan Allah datang pada orang-orang yang sabar karena kesabaran itu dapat mendatangkan berbagai kebaikan.

Baca selengkapnya »

Ketika Kita Bersabar

Hampir semua Nabi, pernah dihina oleh kaumnya. Mereka pernah menanggung ujian ujian yang luar biasa beratnya. Mereka bersabar melebihi manusia lain di dunia ini. Nabi Yusuf harus bersabar selama 7 tahun dipenjara atas dakwaan yang tidak dilakukanya sebelum akhirnya memimpin selama 55 tahun. Nabi Zakariya harus bersabar hingga puluhan tahun menunggu datangnya seorang anak, sebelum akhirnya Allah mengkaruniakan Yahya kepadanya. Nabi Muhammad harus menanggung ujian pahit dilempar dengan batu oleh penduduk Thaif, dicaci oleh pamanya sendiri, berkali kali hampir dibunuh oleh kaumnya sendiri, sebelum akhirnya islam tumbuh besar hingga sekarang. Begitulah kesabaran, nama lainya adalah kekuatan, yang ditransformasikan kedalam rasa yang berbeda.

Baca selengkapnya »
Organization