Topic Archives: ilmu

Konsep Ilmu Dalam Islam

Para ulama kita patut menjadi teladan dalam memadukan antara ilmu dan amal. Imam Syafi’i hafal Al Quran saat berumur 7 tahun dan kitab Muwaththa’ Imam Malik pada usia 10 tahun. Namun, beliau juga seorang ahli ibadah dan berakhlak mulia. Beliau mengkhatamkan Al Quran sebanyak 60 kali dalam shalat di bulan Ramadlan. Ibnu Hajar al-Asqalani, al-Suyuthi, al-Sakhawi, dan ulama besar lainnya menyisihkan lebih dari 15 jam perhari untuk membaca dan menulis. Imam Bukhori menulis kitab Shahih-nya selama 16 tahun dan selalu shalat dua raka’at setiap kali menulis satu hadits.

Baca selengkapnya »

Lawanlah dengan Ilmu, Bukan Cuma Sekadar “Pepesan Kosong”

Mari kita "bertarung" secara fair dan terbuka. Jangan cuma bisanya mengkritik serta mengecam karya-karya orang lain saja, namun di satu sisi tak pernah sekalipun membuat sebuah tulisan sebagai bahan tandingan atau perbandingan. Jika itu kalian lakukan, tentu akan jauh lebih elegan dan diskusi kita pun akan menjadi lebih hangat serta berisi. Bukan cuma sekadar pepesan kosong belaka, atau tong kosong yang nyaring bunyinya.

Baca selengkapnya »

Manusia dan Ilmu

Dengan Ilmu, sesungguhnya manusia sedang menyiapkan cahaya benderang yang akan senantiasa menyinari jalan kehidupannya selama di dunia fana menuju negeri akhirat yang pasti dan kekal. Namun sebaliknya, tanpa Ilmu, sama artinya bahwa jalan kehidupan manusia selamanya akan berada dalam dekapan kabut duniawi yang gelap pekat menuju keabadian akhirat yang telah menyiapkan berbagai bentuk pembalasan (ganjaran) atas seluruh amalan umat manusia selama di dunia.

Baca selengkapnya »

Belajar dari Siapapun

Bagaimana kita bisa belajar dari ilmu-ilmu-Nya yang berhamburan jika kita membatasi diri dalam menuntut ilmu? Kita hanya ingin ilmu-ilmu yang ada pada hal-hal yang baik. Padahal, hal-hal yang buruk pun mampu mengajari kita akan ilmu-ilmu yang baik. Kembali kepada manusia sendirilah yang akan menentukannya. Dengan pandai memilah dan memilih ilmu yang bermanfaat dari dirinya. Ilmu yang akan mengantarkan sang manusia pada kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Baca selengkapnya »

Secercah Keilmuan, Keadilan Mengamanahkan

Ilmu itu didahulukan sebelum amal. Dan ilmu itu secercah cahaya, bagi kematangan kepemimpinan. Dalam kepemimpinan surgawi, semua hal bisa dipelajari. Itulah yang membedakan. Cara seseorang memandang sebuah peristiwa, sangat menentukkan sebuah kebijakan dalam mendistribusikan amanah perorangan. Sehingga dalam kepemimpinan surgawi; amanah itu didistribusikan bukan berdasarkan nasab ataupun kedekatan personal, tapi didistribusikan berdasarkan daya juang, kompetensi,dan kejujuran.

Baca selengkapnya »

Ilmu dan Hobi Duniawi Bisakah Sebagai Sarana Ibadah?

Pada hakikatnya, ilmu-ilmu tersebut –yang dianggap ilmu dunia- adalah baik, mulia, bahkan bisa menjadi wajib untuk mempelajarinya dan mengajarkannya. Sehingga dia bisa bernilai ibadah dan sarana ketundukan kita kepada Allah Ta’ala. Inilah yang perlu disampaikan pula kepada para mahasiswa yang menggeluti ilmu-ilmu ini. Sehingga, anak-anak eksak dan sosial, tidak boleh merasa minder dibanding anak-anak pesantren.

Baca selengkapnya »

Ilmu itu Utama, Harta Mungkin Kesekiannya!

Betapa mulianya orang-orang yang menuntut ilmu. Para malaikat membentangkan sayapnya untuk menghormati orang yang menuntut ilmu. Ampunan serta doa-doa turut dipanjatkan oleh penghuni langit bumi serta lautan. Cukuplah bagi para penuntut ilmu berbangga hati dan merasa terpacu untuk selalu menuntut ilmu, karena mereka berusaha memperoleh warisan para nabi dan meninggalkan dunia untuk para pencari dunia.

Baca selengkapnya »

Ikatlah Ilmu dengan Tulisan

Hidup adalah rangkaian misteri yang harus selalu dimaknai dengan berbuat baik terhadap sesama. Apapun yang terjadi, berpikir positif adalah kuncinya. Sayangnya, kita hidup di era kemelimpahan informasi yang tidak selalu bernada positif. Sehingga diperlukan kejernihan berpikir, sudut pandang yang tepat dalam menyikapi setiap persoalan.

Baca selengkapnya »