Topic

Topic Archives: Ibadah Qurban

Belajar dari Ibrahim AS

Hari raya qurban bukan hanya tentang sesembelihan tetapi juga arti kehidupan. Dalam perjalanan hidup, kita akan dihadapkan pada banyak pilihan yang tidak menutup kemungkinan menuntut adanya pengorbanan. Merelakan apa yang dicinta, memaknai arti aatal maala ‘alaa hubbihi. Menerima dengan lapang dada, dan bersyukur sebanyak-banyaknya.

Baca selengkapnya »

Beberapa Ruas Jalan di Bangladesh Banjir Darah

Beberapa jalan di kota Dhaka Bangladesh memerah banjir darah, terlihat sepintas seperti pasca pertumpahan darah. Sebuah foto diunggah ke Twitter oleh akun bernama Gautam Treivedi menggambarkan situasi tersebut. Gautam menulis, “sungai darah terjadi berlangsung liar di Dhaka, Bangladesh...."

Baca selengkapnya »

Hewan Qurban dari Ahok Ditolak Pengurus Masjid, Ini Kata MUI

Dua ekor sapi dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diberikan untuk qurban ditolak oleh pengurus masjid Luar Batang, Ahad (11/9/2016). Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Pengurus Masjid Keramat Luar Batang sudah tepat. Karena, salah satu syarat dan rukun wajib untuk berkurban adalah orang Islam.

Baca selengkapnya »

Syiar Qurban, Syiar Hak dan Kasih Sayang

Sejatinya syiar qurban merupakan potret perhatian Islam terhadap hak perhewanan. Di saat banyak yang berbicara tentang berbagai macam hak; hak asasi manusia, hak kesehatan, hak ketenagakerjaan, hak intelektual dan lainnya. Ternyata Islam sangat konsen terhadap hak perhewanan dan itu terlihat jelas setiap kali Idul Adha dan ayyam tasyrik. Lihatlah bagaimana Rasulullah SAW menghormati hak hewan qurban. Kasih sayang Rasulullah SAW terhadap hewan qurban. Setiap kali ingin berqurban beliau SAW akan membeli dua ekor kambing belang (putih hitam) yang besar, gemuk, dan bertanduk sebagai lambang hewan yang sehat.

Baca selengkapnya »

Qurban Dalam Kepungan Asap

Persoalan kabut asap yang berubah status menjadi bencana bagi manusia tersebut menunjukkan, bahwa pemaknaan taqwa masih sangat parsial, yang masih terkungkung dalam ruang ‘ibadah mahdhah semata. Sehingga ranah ekologis dianggap persoalan ‘luar’ yang tidak memiliki akar teologis. Jadinya, alam yang terbentang luas tersebut dianggap bebas dieksploitasi tanpa memikirkan danpak negatifnya. Padahal, kata al-ardh (bumi) yang diungkapkan dalam Alquran memiliki indikasi kuat, bahwa Alquran menjadikan kata al-ardh itu sebagai salah satu terma dalam mengungkapkan tentang urgensi lingkungan.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization