Topic
Home / Berita / Opini / Bagaimana Berqurban di Masjid Muhammadiyah, Sedangkan Dia Shalat Idul Adha Ikut Ketetapan Pemerintah?

Bagaimana Berqurban di Masjid Muhammadiyah, Sedangkan Dia Shalat Idul Adha Ikut Ketetapan Pemerintah?

Ilustrasi - Kambing untuk Qurban (Getty Images)
Ilustrasi – Kambing untuk Qurban (Getty Images)

dakwatuna.com – Dalam beberapa hari ini lumayan banyak yang bertanya terkait ibadah qurban. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan hari Idul Adha yang ditetapkan oleh Pemerintah dengan yang ditetapkan oleh Muhammadiyah.

Inti pertanyaannya adalah bagaimana posisi orang yang berqurban di masjid yang mengikuti ketetapan Muhammadiyah, sedangkan dia sendiri beridul Adha sesuai ketetapan pemerintah?

Saya pribadi, tetap menghormati keputusan Muhammadiyah dengan ijtihadnya, semoga Allah memberikan keberkahan. Namun bila kemudian PP Muhammadiyah berbesar jiwa dan berlapang dada merubah keputusan itu, dan menyamakannya dengan keputusan pemerintah, sehingga seragam juga dengan situasi di Mekkah, demi persatuan kaum Muslimin di Indonesia, sungguh itu sebuah keputusan yang sangat mulia dan menjadi amal shaleh yang sangat agung bagi Muhammadiyah. Dan akan menjadi sebuah sejarah yang layak ditiru oleh semua pihak di tanah air.

Namun, bila belum terealisasi, dan saya juga sangat memaklumi situasi itu, alangkah eloknya bila masjid-masjid yang mengikuti keputusan Muhammadiyah, rela dan berbesar hati untuk tidak menyembelih hewan qurban pada hari rabu 23 Sept 2015, dan menundanya ke hari kamis 24 sept 2015, atau di hari-hari tasyriq, sebagai bentuk toleransi dan peduli bagi sebagian jamaah yang berqurban disana tapi Idul Adhanya ikut pemerintah.

Perbedaan ini tentunya harus tetap disikapi dengan lapang dada, kebesaran hati dan saling menghormati. Jauh dari sikap mencela dan mengadu domba. (irsyad/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Pimpinan Perguruan Islam Ar-Risalah, Sumatera Barat

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization