Topic Archives: Al-Quran

Al-Quran yang Shalih LiKulli Zaman Wal Makan Membuktikan Bahwa Li Kulli Zaman Rijaaluhu

Perkara penistaan Al-Quran yang membelit BTP Ahok di negeri muslim terbesar di dunia yang sangat mencintai Al-Quran ini sesungguhnya adalah pertanda bahwa karir kepemimpinan Ahok sudah tamat secara prematur. Ketabuan menyerang kepercayaan agama/ SARA oleh seorang pejabat publik pun tidak akan pernah ditolerir di negara-negara demokrasi maju di manapun berada. Bahkan kandidat akan segera malu sendiri dan mengundurkan diri dari jabatannya bahkan di awal-awal isu yang membelitnya ketika media massa mulai meliputnya. Ketidakjantanan Ahok yang sampai saat ini tidak mengundurkan diri dan tidak lugas tulus meminta maaf ataupun menyerahkan diri semakin mempertegas kepongahan sikap dan pribadinya. Untuk itulah umat Islam harus terus teguh menyuarakan tegaknya keadilan.

Baca selengkapnya »

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?

Mengomentari Al Maidah ayat 51, Abdullah bin Mas’ud mengingatkan, “apabila kamu mendengar Yaa Ayyuhalladzina aamanu, pasanglah pendengaranmu karena sesungguhnya ada kebaikan sehingga diperintahkan melakukannya atau ada keburukan sehingga dilarang melakukannya. Sedangkan makna, Yaa Ayyuhalladzina aamanu, wahai kalian yang beriman kepada Allah dengan sebenar-benar iman. Wahai kalian yang ridha kepada Allah sebagai Tuhan. Wahai kalian yang telah menetapkan Allah sebagai sembahan, dengarkan dan taatilah Allah.”

Baca selengkapnya »

Khutbah Jum’at: Di Bawah Naungan Al-Quran

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari hidup di bawah naungan Al-Quran. Sekurang-kurangnya, kita bisa menyimpulkannya menjadi tiga. Pertama, kehidupan kita menjadi terbimbing. Hal ini karena meskipun manusia memiliki akal pikiran yang cerdas, tapi tidak menjamin baginya memiliki kemampuan membedakan antara yang haq dengan yang bathil atau yang benar dan yang salah, padahal kemampuan membedakan antara yang haq dengan yang bathil merupakan sesuatu yang amat penting menuju kehidupan yang baik.

Baca selengkapnya »

Hiasi Rumah Dengan Alquran

Membaca Alquran itu adalah sumber dari kedamaian dan kesejukan hati. Pantas saja ada orang yang doyan bingung dalam hidupnya, wong Alquran hanya menjadi hiasan meja. Yang lebih parah, banyak mengoleksi buku-buku besar. Tapi Mushaf Alquran yang berdebu pun tidak ada. Sungguh memilukan. Nah, dengan demikian, tidak mau kan kitab suci kita yang merupakan sebuah mukjizat sepanjang masa menjadi sia-sia dan hanya menjadi hiasan saja. Makanya, mari kita galakkan baca Alquran.

Baca selengkapnya »

Mukjizat Surat-surat di Dalam Al-Quran Juz 28, 29 dan 30

Al-Quran hanya akan memberikan manfaat pada orang-orang beriman dan yakin akan kekuasaan Allah. Tak ada sesuatu yang akan bermanfaat bagi mereka yang tidak mempercayai ayat-ayat Allah. “Al-Quran mengandung obat dan rahmat. Namun, hal ini tidak berlaku bagi setiap orang, khusus bagi mereka yang membenarkan ayat-ayat Allah dan mengamalkannya. Adapun orang-orang dzalim yang tidak mempercayainya, maka ayat-ayat tersebut akan semakin membuat rugi” (hal. 8).

Baca selengkapnya »

Al-Quran Lindungi Kita dari Janji Iblis

Apakah masih pantas disebut seorang muslim jika dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah berinteraksi apalagi mendalami sisi-sisi lain dari Alquran selain membacanya minimal 1(satu) juz, bahkan mengamalkannya? Pantas kiranya jika umat Islam masih tertinggal dalam bidang pengetahuan yang sebenarnya telah ada dalam Alquran, karena dalam hal berinteraksi dengan Alquran saja masih terbilang kurang.

Baca selengkapnya »