Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Al-Quran / Perlunya Belajar Tafsir Al-Qur’an Bagi Setiap Muslim

Perlunya Belajar Tafsir Al-Qur’an Bagi Setiap Muslim

Ilustrasi. (mamhtroso.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Untuk menjadi seorang muslim yang taat, tentu tidak hanya cukup dengan pengakuan. Anda tentu harus memahami betul mengenai rukun islam, rukun iman, dan menjalankan kehidupan dengan berpegang pada al – Qur’an dan Sunnah nabi.

Al – Qur’an yang menjadi kitab suci terakhir dan penutup kitab – kitab suci sebelumnya ini telah mengandung berbagai pedoman hidup dan bila diamalkan dengan benar tentu Anda akan mendapatkan keselamatan dunia akhirat.

Agar Anda dapat berpegang teguh dan menetapkan hati untuk berpedoman pada al – Qur’an, tentu Anda perlu memahami dengan baik mengenai isinya. Dapat membaca Qur’an dengan lancar saja tidak lah cukup, bila Anda tidak mengetahui makna atau isi dalam tiap surat – surat yang ada di dalamnya agar Anda dapat mengamalkannya dengant tepat. Untuk itu, diperlukan pembelajaran khusus mengenai tafsir Al – Quran. Anda dapat memilih untuk mengikuti pengajian – pengajuan tafsir yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Bila Anda tak memiliki waktu khusus atau sulit untuk meluangkan waktu datang ke kajian, Anda dapat pula memilih untuk membaca dan belajar ilmu tafsir Al – Qur’an dengan membuka situs TafsirWeb. Situs ini insyaaAllah memiliki penjelasan mengenai tafsir berbagai surat Al – Qur’an yang lengkap. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai ilmu tafsir yang berasal dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Kementerian Agama Arab Saudi, hingga Tafsir al – Mukhtashar yang disupervisi langsung oleh imam di Masjidil Haram (Dr. Shalih Humaid).

Tafsir Mana Yang Lebih Dahulu Dibaca?

Ada banyak pilihan sebenarnya yang bisa Anda baca, akan tetapi kami menyarankan Anda untuk membaca dari tafsir surat-surat yang populer terlebih dahulu. Agar saat imam membaca di dalam shalat, atau saat ada muslimin di sekita Anda yang membaca ayatnya, Anda bisa tahu maknanya.

Karenanya, ini adalah beberapa surat dalam al – Qur’an yang disarankan untuk Anda pahami tafsirnya, antara lain:

  1. Surat Yasin. Surat Yasin merupakan salah satu yang paling dikenal di Indonesia. surat Yasin kerap dibaca di berbagai event atau acara, seperti pengajian, dan sebagainya. Jadi tentu tidak ada salahnya bila Anda memahami tafsirnya agar Anda mengetahui makna yang ada di dalamnya.
  2. Surat Ar – Rahman. Surat ini menjadi begitu populer karena susunan ayatnya yang terdengar indah saat dibaca, namun jangan salah, surat ini tak hanya indah dibaca namun maknanya dan kandungannya pun sangat indah.
  3. Surat Al – Baqarah. Al Baqarah merupakan surat terpanjang di dalam Al – Quran. Hal yang membuat surat ini begitu istimewa adalah kandungan di dalamnya yang berisi hukum – hukum kehidupan dan prinsip aqidah yang dapat menjadi pedoman Anda dalam menjalani kehidupan.
  4. Surat Al – Kahfi. Selain surat Yasin dan ar – Rahman, surat Al Kahfi juga merupakan salah satu yang sering dibaca di tiap pekan. Agar tak hanya sekedar membaca tanpa tahu makna di dalamnya, tentu akan lebih baik bila Anda mempelajari kandungan di dalamnya.
  5. Surat Al – Waqiah. Anda pun perlu memahami tafsir dari surat ini. banyak orang ingin belajar mengamalkan dan membaca surat ini secara rutin karena beberapa hadist banyak menyebutkan fadhilah dari surat ini.
  6. Surat Al – Fatihah. Setiap melaksanakan shalat tentu Anda tidak akan lepas membaca surat al Fatihah, bukan? tentu tak hanya perlu hafal, Anda perlu pula untuk memahami dengan baik maknanya agar ibadah yang dilaksanakan semakin afdhol.
  7. Surat Adh – Dhuha. Surat ini merupakan surat yang paling sering dibaca saat mendirikan shalat dhuha. Surat ini memiliki makna mendalam, jadi jangan lupa pula untuk mempelajari tafsir ayatnya.
  8. Surat Al – Mulk. Surat ini seringkali disarankan untuk dibaca sebelum tidur. Agar tahu makna dibaliknya, tentu Anda perlu mengetahui tafsir dari surat ini.
  9. Surat Yusuf. Surat yang masuk dalam golongan surat Makiyyah ini sebagian besar isinya menjelaskan mengenai riwayat dari Nabi Yusuf. Di dalamnya ada banyak kisah – kisah terbaik dalam Qur’an yang dapat Anda dan kita semua ambil hikmahnya. Tentu Anda dapat memahami dengan lebih baik bila belajar tafsirnya.
  10. Surat An – Naba. Surat An – Naba merupakan surat ke – 78 dalam Al – Qur’an. Meski pun mungkin surat an Naba merupakan surat yang jarang di baca dibandingkan surat – surat yang ada di Juz Amma atau Juz 30, namun ternyata surat ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Tidak masalah mau mulai membaca dari yang mana pun, bahkan dari yang tidak kami sarankan sekalipun. Yang lebih penting bukanlah urutannya akan tetapi benar-benar memahami maknanya dan mengamalkan isinya. Syukur-syukur kalau bisa mendakwahkannya juga. Wallahu a’lam.

Redaktur: M Ailan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 5)
Loading...

Tentang

M Ailan
Become a good journalist...!

Lihat Juga

Askar Kauny Membumikan Hafalan Alquran Juz 29 Serentak Sedunia

Figure
Organization