Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Hiasi Rumah Dengan Alquran

Hiasi Rumah Dengan Alquran

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi - Belajar Alquran.  (http://atjehpress.com)
Ilustrasi – Belajar Alquran. (http://atjehpress.com)

dakwatuna.com – Alquran, siapa yang tidak mengenalnya? Pasti semua kenal. Yaitu kitab sucinya orang Islam yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad lewat perantara Jibril. Kitab yang fenomenal lagi luar biasa, tidak hanya terkenal di kalangan umat muslim saja. Tapi juga di kalangan orang-orang yang notabenenya bukan Islam.

Dalam Alquran, banyak sekali keajaiban-keajaiban yang tidak mungkin ditemukan di kitab-kitab, ensiklopedia-ensiklopedia, buku-buku referensi manapun. Yaitu prediksi-prediksi yang akurat. Seperti Kekalahan bangsa Romawi “telah dikalahkan bangsa Romawi. Di negeri terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang, dalam beberapa tahun (lagi). Bagi Allahlah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman, kerena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha penyayang” (QS. Ar-Rum: 2-5). Bahasa yang begitu indah, sehingga membuat hati sejuk dan damai, manakala dibaca.

Selain itu, ada juga ilmu pengetahuan, seperti ilmu biologi dalam firman-Nya “hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang di panjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesusuatu pun yang dahulunya telah diketahunya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabilah telah kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuhan-tumbuhan yang indah.” (QS. Al-Hajj : 5).

Kehebatan Alquran, tentu saja tidak sekadar dikagumi belaka. Menggembor-gemborkan kehebatannya. Tapi juga harus dibaca. Banyak sekali keutamaanya yang diperoleh tatkala kita membacanya, salah satunya adalah mendapatkan syafaat pada hari kiamat, sabda Nabi “bacalah Alquran. Sebab, Alquran akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang-orang yang membacanya.” (HR. Muslim).

Sebagai orang Islam, tidak membaca Alquran, sungguh memalukan. Karena banyak orang non muslim yang membaca bahkan menghafalnya, meskipun niatnya tidak baik. Tapi masa kalah sama mereka. Mana mungkin kita dapat ketenangan jiwa, jika kita lebih doyan mengonsumsi koran dari pada Alquran. Bagaimana hati tidak gelisah, tatkala Alquran kita lepeh begitu saja. Resah, sudah pasti. Manakala Alquran tidak pernah dibaca. Rumah akan terlihat suwung, angker, tidak nyaman, jika tidak pernah terdengar bacaan ayat-ayat suci Alquran.

Sungguh disayangkan. Islam memiliki Alquran yang hebat, diabaikan begitu saja. Padahal, membaca Alquran itu adalah sumber dari kedamaian dan kesejukan hati. Pantas saja ada orang yang doyan bingung dalam hidupnya, wong Alquran hanya menjadi hiasan meja. Yang lebih parah, banyak mengoleksi buku-buku besar. Tapi Mushaf Alquran yang berdebu pun tidak ada. Sungguh memilukan. Nah, dengan demikian, tidak mau kan kitab suci kita yang merupakan sebuah mukjizat sepanjang masa menjadi sia-sia dan hanya menjadi hiasan saja. Makanya, mari kita galakkan baca Alquran.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization