Figure Archives: Al-Ghazali

Fiqih Bernegara

Hubungan antara Kekuasaan dengan Agama, ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Di mana pun kehidupan di dunia ini pasti memerlukan adanya kekuasaan sebagai sarana menjamin keteraturan hidup. Dan agama menyediakan konten untuk keteraturan itu. Maka sejatinya antara agama dan negara memiliki hubungan yang erat dan sesuai kebutuhan fitrah manusia, dalam arti agama lahir karena manusia memerlukan aturan, sedangkan negara lahir karena manusia memerlukan struktur bagi keteraturan. Dan keduanya adalah kebutuhan manusia.

Baca selengkapnya »

Menjemput Baiknya Kematian

Semoga dimanapun kita berada, Allah senantiasa menunjukkan hati-hati kita pada jalan kebenaran dan selalu membimbing langkah-langkah kita pada perbuatan-perbuatan yang baik dan bermanfaat. Karena sungguh kematian tidak pernah mengenal waktu, ia datang di saat ia harus datang tanpa dapat ditunda atau dipercepat barang sepersekian detikpun. Kita memang tidak bisa memilih kapan waktunya, tapi kita bisa menentukan akan mati dalam kondisi seperti apa. Kita diberi kesempatan oleh Allah, untuk bisa menjemput baiknya kematian. Wallahu a’lam, semoga kita bisa senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang-Nya.

Baca selengkapnya »

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah

Auditor harus melihat ke dalam berbagai pelaporan kontrak komitmen di IFI terhadap pemasok, pelanggan, debitur, kreditur dan pemerintah. Misalnya, dalam skrining produk, auditor harus memperhatikan untuk tanda-tanda Ihtikar (penimbunan dengan tujuan menimbulkan kelangkaan atau menyembunyikan harga artifisial), Bakhs (upaya sukarela untuk mengurangi atau menurunkan nilai produk yang dijual) dan israf (tingkat pemborosan) dalam penataan pinjaman Islam menurut untuk syari'ah. Tanggung jawab ini menuntut etika kerja, yang berbeda dari yang diamati dalam transaksi pinjaman di perbankan konvensional dan servis, yang terakhir sangat bergantung pada karakter peminjam, kapasitas, jaminan, modal dan kondisi.

Baca selengkapnya »

Karena Memilih Juga Ada Tuntunannya

Kita tentu mengharapkan pemimpin yang bijak, adil dan obyektif mau menerima nasehat, santun dan berwibawa, serta menghormati nilai-nilai luhur moral dan agama, dan kita punya andil dalam mewujudkannya. Sungguh tepat nasehat yang mengatakan: “Diantara nikmat Allah yang terbesar atas orang mukmin adalah dia tidak menjadi penolong bagi orang yang dzhalim dan tidak menjadi penentang demi membela orang yang berkhianat” (Muhamad el-Shinqiti).

Baca selengkapnya »

Ironi di Bulan Suci

Sering kali kita menjadikan berbuka sebagai balas dendam. Setelah menahan lapar seharian, lantas kita makan secara berlebihan di waktu berbuka. Kita makan sesuai apa yang kita inginkan berdasarkan nafsu. Padahal Rasulullah SAW menganjurkan berbuka dengan secukupnya. Sering kali kita berbuka dengan yang kita inginkan, bukan dengan yang Rasulullah SAW anjurkan.

Baca selengkapnya »