Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Turki Makin Berjaya dalam 16 Tahun Terakhir

Erdogan: Turki Makin Berjaya dalam 16 Tahun Terakhir

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di hadapan massa pendukungnya. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan rasa bangga terkait kemajuan negaranya dalam waktu 16 tahun terakhir. Menurutnya, selama waktu itu Turki kian berjaya.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, Ahad (20/01/2019), hal itu disampaikan Erdogan dalam kampanye menjelang Pemilihan Kepala Daerah yang digelar 31 Maret mendatang. Dalam kesempatan itu, Erdogan mengumumkan calon Walikota Samsun yang diusung partainya, AKP.

“Turki semakin berjaya dalam 16 tahun terakhir, dan tren itu akan terus berlanjut,” kata Erdogan di hadapan para pendukungnya.

Namun begitu, Erdogan menyebut adanya banyak rintangan yang dihadapi Turki. Ia kemudian merujuk pada sejumlah peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu lima atau enam tahun terakhir.

“Dari sana kita bisa melihat mana yang benar-benar memikirkan bangsa dan negara ini. Lihat saja demonstrasi di Taman Gezi atau upaya kudeta oleh FETO,” imbuhnya.

Tahun 2013 silam, terjadi demonstrasi kecil di Taman Gezi di Istanbul. Demonstrasi menentang pemerintah itu lalu membesar sehingga menewaskan delapan orang pengunjuk rasa dan seorang polisi.

Pemerintah Turki kemudian menuding kelompok Fethulah Gulen sebagai dalang di balik kerusuhan tersebut. Diketahui, kelompok Gulen yang kini disebut dengan FETO itu merongrong pemerintah melalui sejumlah instansi seperti militer, kepolisian dan kejaksaan.

Pada 15 Juli 2016, kelompok FETO lagi-lagi merusuh dengan melakukan upaya kudeta terhadap pemerintah. Meski berhasil digagalkan, namun peristiwa itu menimbulkan 251 orang tewas dan 2.200 lainnya terluka. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization