Home / Berita / Internasional / Asia / Binali Yildirim Terpilih Jadi Ketua Parlemen Turki

Binali Yildirim Terpilih Jadi Ketua Parlemen Turki

Ketua Parlemen Turki Binali Yildirim. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Mantan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim terpilih menjadi Ketua Parlemen Turki untuk satu periode ke depan. Pemilihan Yildirim terjadi beberapa hari setelah Turki resmi mengadopsi sistem presidensial.

Koresponden Aljazeera melaporkan, Yildirim kemarin, Kamis (12/07) sore waktu setempat. Ia memperoleh 335 suara, sementara lawannya mendapat 131 suara dari total 600 kursi di parlemen.

Yildirim, berasal dari Provinis Izmir, harus terpilih melalui putaran ketiga setelah kedua putaran sebelumnya gagal. Dengan hasil itu, Yildirim menggantikan Islail Kahraman yang sebelumnya menduduki jabatan tersebut.

Partai Gerakan Nasional (MHP) mendukung penuh pencalonan Yildirim. MHP dan AKP diketahui menjalin koalisi sejak referendum perubahan konstitusi 16 April 2017 lalu.

Koalisi keduanya atau yang dikenal dengan “Koalisi Rakyat” berhasil menduduki 339 kursi dari 600 kursi yang tersedia. Yildirim dalam sambutannya menegaskan, dirinya akan menjadi ketua bagi seluruh anggota parlemen.

Sementara itu, Reuters menyebut seorang anggota AKP mengatakan Koalisis penguasa akan melanjutkan keadaan darurat di Turki. Keadaan darurat yang telah berlangsung sejak dua tahun lalu itu bertujuan untuk melanjutkan pemberantasan teroris. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Penangkapan Dai dan Masyayikh di Saudi Berlanjut

Organization