Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Atasi Masalah Turki di Suriah, Trump Berharap Bisa Kerja Sama dengan Erdogan

Atasi Masalah Turki di Suriah, Trump Berharap Bisa Kerja Sama dengan Erdogan

Jabat tangan antara Erdogan dan Trump disaksikan Presiden Prancis (tengah). (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. Gedung Putih pada Senin (14/01/2019) mengumumkan harapan Presiden AS Donald Trump untuk bekerjasama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam mengatasi kekhawatiran keamanan Ankara di timur laut Suriah.

Dilansir dari Anadolu Arabic, Selasa (15/01/2019), hal tersebut diungkapkan dalam keterangan pers Jubir Gedung Putih Sarah Sanders, beberapa saat setelah pembicaraan telepon antara Erdogan dan Trump.

Dalam keterangan disebutkan, Erdogan dan Trump membahas soal hubungan bilateral kedua negara, termasuk penarikan pasukan AS dari Suriah.

“Trump menegaskan pentingnya bagi Turki untuk tidak menghinakan milisi Kurdi (di Suriah) dan Pasukan Demokrasi Suriah, yang keduanya bekerja sama dengan Washington dalam memberantas ISIS,” sebut keterangan Sanders.

Lebih lanjut, Komandan Militer AS Joseph Dunford juga dijadwalkan bertemu dengan Perwira Turki Yassar Guler, hari ini. Keduanya akan membahas kerja sama Turki-AS di Suriah.

Sebelumnya, perbedaan sikap antara Amerika Serikat (AS) dan Turki dalam mengatasi milisi kurdistan yang tergabung dalam Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) masih terus berlangsung. Bahkan, Trump malah mengancam akan menghancurkan ekonomi Turki jika berani menyerang YPG di Suriah. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization