Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Omar Bashir, Presiden Negara Arab Pertama yang Kunjungi Suriah Sejak Perang

Omar Bashir, Presiden Negara Arab Pertama yang Kunjungi Suriah Sejak Perang

Presiden Sudan (kiri) disambut oleh Presiden Suriah saat tiba di Damaskus. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Damaskus. Presiden Sudan, Omar Bashir secara mengejutkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Suriah, Ahad (16/12/2018).

Hal itu menjadikan Bashir pemimpin negara Arab pertama yang berkunjung ke Damaskus untuk bertemu dengan Bashar al-Assad sejak perang bersaudara berkecamuk di Suriah tahun 2011 silam.

Saat tiba di bandara, Bashir tampak disambut oleh Assad dan sejumlah pejabat Suriah lainnya.

Dilansir dari Aljazeera.net, Selasa (18/12/2018), Bashir dan Assad kemudian bertolak menuju istana kepresidenan Suriah. Keduanya lalu membahas hubungan bilateral, serta perkembangan di Suriah dan regional.

Kunjungan Bashir ke Suriah ini menjadi babak baru dari hubungan internasional dengan Damaskus. Diketahui, banyak pemimpin Arab yang mencela Assad sejak pecah perang di Suriah tahun 2011 silam.

Sementara kantor berita Suriah menyebutkan, kedua presiden itu juga menegaskan pentingnya menghormati kedaulatan dan tidak campur tangan dalam urusan internal masing-masing negara Arab.

Bahkan, Presiden Sudan itu menyebut Suriah sebagai negara perjuangan. “Melemahkan Suriah sama dengan melemahkan isu-isu Arab, dan apa yang terjadi dalam beberapa tahun ini tidak dapat dipisahkan dari kenyataan tersebut,” imbuh Bashir.

Lebih lanjut, Bashir berharap Suriah dapat segera bangkit dari keterpurukan, dan kembali memainkan perannya di kawasan Timur Tengah. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization