Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Segera Miliki Jet Tempur Super Canggih F-35

Turki Segera Miliki Jet Tempur Super Canggih F-35

Jet tempur super canggih F-35. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. AS akan mengirim dua jet tempur F-35 lagi ke Turki pada 2019, kata kepala militer program F-35, Senin (01/10).

Berbicara kepada wartawan di Arlington, Virginia, Wakil Laksamana Mat Winter, pejabat eksekutif untuk program F-35 mengatakan, dirinya berharap pesawat-pesawat tempur akan dikirimkan pada bulan Maret.

Ankara berencana untuk mengakuisisi 100 jet tempur F-35 di tahun-tahun mendatang.

Winter mengatakan dia tidak “melihat indikasi perubahan” dalam pengiriman 100 jet itu ke Turki.

“Pentagon harus menyerahkan laporan kepada Kongres dalam 90 hari menurut Undang-undang Otorisasi Pertahanan 2019 yang disahkan,” imbuhnya. Ia mengacu pada amandemen Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang melarang penjualan F-35 ke Turki sampai Pentagon mengeluarkan laporan tentang hubungan Turki-Amerika.

F-35, jet stealth yang dibangun oleh Lockheed Martin, dianggap sebagai salah satu peralatan militer AS yang paling mahal, dengan biaya rata-rata sekitar $ 100 juta.

Winter melanjutkan, kantornya telah memberikan informasi teknis dan program untuk laporan tersebut serta akan mengirimkannya dalam 90 hari.

Turki menerima pengiriman dua jet tempur F-35 pertamanya pada akhir Juni pada sebuah upacara di Fort Worth, Texas. Namun keduanya tetap bertahan di AS selagi pilot Turki dilatih untuk mengoperasikannya.

Turki telah berada dalam program F-35 sejak tahun 1999. Industri pertahanan Turki juga mengambil peran aktif dalam produksi mereka, termasuk Alp Aviation, AYESAS, Kale Aviation, Kale Pratt & Whitney dan Turki Aerospace Industries yang membuat bagian untuk F-35 pertama. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Rusia: Turki Maju sejak Erdogan Memimpin