Home / Berita / Internasional / Asia / Turki Segera Miliki Jet Tempur Super Canggih F-35

Turki Segera Miliki Jet Tempur Super Canggih F-35

Jet tempur super canggih F-35. (Anadolu)
dakwatuna.com – Ankara. AS akan mengirim dua jet tempur F-35 lagi ke Turki pada 2019, kata kepala militer program F-35, Senin (01/10).

Berbicara kepada wartawan di Arlington, Virginia, Wakil Laksamana Mat Winter, pejabat eksekutif untuk program F-35 mengatakan, dirinya berharap pesawat-pesawat tempur akan dikirimkan pada bulan Maret.

Ankara berencana untuk mengakuisisi 100 jet tempur F-35 di tahun-tahun mendatang.

Winter mengatakan dia tidak “melihat indikasi perubahan” dalam pengiriman 100 jet itu ke Turki.

“Pentagon harus menyerahkan laporan kepada Kongres dalam 90 hari menurut Undang-undang Otorisasi Pertahanan 2019 yang disahkan,” imbuhnya. Ia mengacu pada amandemen Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang melarang penjualan F-35 ke Turki sampai Pentagon mengeluarkan laporan tentang hubungan Turki-Amerika.

F-35, jet stealth yang dibangun oleh Lockheed Martin, dianggap sebagai salah satu peralatan militer AS yang paling mahal, dengan biaya rata-rata sekitar $ 100 juta.

Winter melanjutkan, kantornya telah memberikan informasi teknis dan program untuk laporan tersebut serta akan mengirimkannya dalam 90 hari.

Turki menerima pengiriman dua jet tempur F-35 pertamanya pada akhir Juni pada sebuah upacara di Fort Worth, Texas. Namun keduanya tetap bertahan di AS selagi pilot Turki dilatih untuk mengoperasikannya.

Turki telah berada dalam program F-35 sejak tahun 1999. Industri pertahanan Turki juga mengambil peran aktif dalam produksi mereka, termasuk Alp Aviation, AYESAS, Kale Aviation, Kale Pratt & Whitney dan Turki Aerospace Industries yang membuat bagian untuk F-35 pertama. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid