Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Turki Segera Miliki Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia

Erdogan: Turki Segera Miliki Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia

Sistem pertahanan udara ‘S-400’ milik Rusia. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya akan segera menerima sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia. Menurutnya, hal itu sesuai kesepakatan yang ditandatangani Ankara-Moskow sebelumnya.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, Jumat (31/08), itu disampaikan Erdogan pada upacara kelulusan pejabat non-komisioner di Provinsi Balikesir. Ia menegaskan, Turki sangat memerlukan sistem S-400, dan “akan segera mendapatkannya”.

Ia menambahkan, Turki berusaha mengejar kepentingan dan berjuang mewujudkan cita-cita negara. Di hadapan pihak-pihak yang mencoba mendikte Turki dan kawasan sesuai dengan keinginan mereka, imbuhnya.

“Kami tidak menyesali keputusan kami,” kata Erdogan.

Desember lalu, Turki mengumumkan telah sepakat dengan Rusia terkait pembelian dua sistem S-400 pada awal 2020.

Pada April lalu, kedua pihak sepakat untuk mempercepat pengiriman sistem pertahanan rudal tercanggih tersebut.

S-400 adalah sistem rudal anti-pesawat jarak jauh Rusia yang paling canggih. Sistem ini dapat membawa tiga jenis rudal yang mampu menghancurkan target, termasuk rudal balistik dan jelajah.

Pada bulan Juni, Senat AS meloloskan undang-undang yang melarang penjualan ke Turki jet F-35. Keputusan ini akibat pembelian S-400 serta penahanan Turki terhadap warga negara AS. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Meski Kalah, Ternyata 64 Persen Warga Israel Ingin Operasi Militer di Gaza Lanjut