Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Turki Segera Miliki Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia

Erdogan: Turki Segera Miliki Sistem Pertahanan Rudal S-400 Rusia

Sistem pertahanan udara ‘S-400’ milik Rusia. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya akan segera menerima sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia. Menurutnya, hal itu sesuai kesepakatan yang ditandatangani Ankara-Moskow sebelumnya.

Dilansir dari kantor berita Anadolu, Jumat (31/08), itu disampaikan Erdogan pada upacara kelulusan pejabat non-komisioner di Provinsi Balikesir. Ia menegaskan, Turki sangat memerlukan sistem S-400, dan “akan segera mendapatkannya”.

Ia menambahkan, Turki berusaha mengejar kepentingan dan berjuang mewujudkan cita-cita negara. Di hadapan pihak-pihak yang mencoba mendikte Turki dan kawasan sesuai dengan keinginan mereka, imbuhnya.

“Kami tidak menyesali keputusan kami,” kata Erdogan.

Desember lalu, Turki mengumumkan telah sepakat dengan Rusia terkait pembelian dua sistem S-400 pada awal 2020.

Pada April lalu, kedua pihak sepakat untuk mempercepat pengiriman sistem pertahanan rudal tercanggih tersebut.

S-400 adalah sistem rudal anti-pesawat jarak jauh Rusia yang paling canggih. Sistem ini dapat membawa tiga jenis rudal yang mampu menghancurkan target, termasuk rudal balistik dan jelajah.

Pada bulan Juni, Senat AS meloloskan undang-undang yang melarang penjualan ke Turki jet F-35. Keputusan ini akibat pembelian S-400 serta penahanan Turki terhadap warga negara AS. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization