Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan: Rusia-Iran Hanya Dukung Al-Asad, Bukan Perangi ISIS di Suriah

Erdogan: Rusia-Iran Hanya Dukung Al-Asad, Bukan Perangi ISIS di Suriah

Presiden Erdogan (aa.com.tr)
Presiden Erdogan (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menegaskan bahwa Rusia bekerja sama dengan rezim Al-Asad dalam melaksanakan operasi militernya di Suriah, mengisyaratkan bahwa Rusia dan Iran sesungguhnya memberikan dukungan kepada Al-Asad.

“Apakah mereka (Rusia dan Iran) memerangi kelompok teroris ISIS di Suriah? Saya jawab dengan jelas, sekali-kali tidak..!” demikian pernyataan Erdogan dalam wawancara dengan saluran France 24 pada Kamis kelmarin (26/11/2015).

Erdogan menyebutkan bahwa rezim Al-Asad saat ini selalu memerangi kawasan Payer Pujak Turkman di Lazikiya, menjelaskan 300 pejuang dari kelompok oposisi moderat tewas selama 1,5 bulan terakhir di tangan pasukan Al-Asad dan Rusia.

“Kelompok teroris ISIS berada di kawasan sebelah timur Suriah aman-aman saja, tanpa menghadapi ancaman apa pun dari Asad, Rusia, dan Iran,” tegas Erdogan yang juga mengatakan tuduhan Rusia bahwa pihaknya membeli minyak dari ISIS adalah fitnah tanpa ada bukti.

Mengenai perkembangan situasi setelah penembakan pesawat tempur Rusia oleh Turki, Presiden Erdogan mengecam aksi kekerasan pengunjuk rasa terhadap Kedubes Turki di Moskow yang tampak jelas dibiarkan oleh aparat kepolisian Rusia.

“Hal serupa tidak akan terjadi di Turki, karena tanggung jawab keamanan kantor kedubes dan konsulat berada di pundak kami,” tegas Erdogan. (rem/dakwatun)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pecahkan Kaca dengan Kepala, WN Turki Ini Selamat dari Serangan Teroris di Selandia Baru

Organization