Home / Berita / Internasional / Asia / Eropa Kucurkan 3 Miliar Euro untuk Turki Bantu Pengungsi

Eropa Kucurkan 3 Miliar Euro untuk Turki Bantu Pengungsi

Pengungsi Suriah di Turki (aa.com.tr)
Pengungsi Suriah di Turki (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Uni Eropa mengumumkan persetujuannya untuk mengucurkan bantuan senilai 3 miliar euro kepada Turki untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi Suriah yang ditampung oleh Turki.

Wakil Ketua Komisi Tinggi Uni Eropa, Frans Timmermans, menyatakan (24/11/2015) bahwa Uni Eropa merasa perlu menambah bantuan kerja samanya untuk Turki yang berperan penting menyelesaikan persoalan pengungsi Suriah.

“Kita perlu mengimplementasikan rencana kerja bersama untuk mengatur persoalan penumpukan arus pengungsi (ke Eropa). Dana bantuan untuk Turki sebagaimana dimaksud akan mulai dicairkan pada awal Januari 2016,” jelasnya sebagaimana dilaporkan Anadolu Agency (25/11/2015).

Frans mengungkapkan bahwa saat ini Eropa menghadapi situasi terburuk dari masalah pengungsi sejak Perang Dunia II.

Situasi itu mendorong Uni Eropa melakukan kerja sama dan perundingan dengan Turki mencari jalan keluarnya, serta menghasilkan komitmen 28 negara Eropa untuk membantu Turki menangani masalah pengungsi.

Melalui bantuan tersebut kemudian Turki (yang membelanjakan anggarannya sebesar 8,5 miliar dolar sejak 2011 guna membantu lebih dari dua juta pengungsi) memberikan komitmen untuk membatasi penumpukan arus pengungsi (Timur Tengah) ke Eropa. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization