Home / Berita / Internasional / Afrika / Netanyahu dan As-Sisi Bertemu Diam-diam di Mesir, Bahas Apa?

Netanyahu dan As-Sisi Bertemu Diam-diam di Mesir, Bahas Apa?

Pimpinan kudeta di Mesir, As-Sisi. (islamemmo.cc)
dakwatuna.com – Kairo. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu melakukan kunjungan rahasia ke Mesir pada bulan Mei lalu. Ia bertemu dengan Pemimpin rezim Mesir Abdul Fattah As-Sisi untuk membahas gencatan senjata di Jalur Gaza.

Rahasia tersebut diungkap oleh Channel 10 Israel pada Senin (13/08) kemarin. Sejauh ini belum ada konfirmasi langsung mengenai pertemuan itu. Namun Channel swasta itu menyebut pertemuan rahasia digelar pada 22 Mei.

Laporan juga menyebut, kunjungan rahasia itu dilakukan menyusul demonstrasi besar-besaran di Jalur Gaza bertepatan dengan peresmian Kedubes AS di Al-Quds 14 Mei lalu.

Saat itu, Pasukan Israel dengan keras menekan demonstran, dan menewaskan sedikitnya 65 orang Palestina.

Mediasi Mesir

Mesir menjadi mediator antara pemerintah Netanyahu dan gerakan Hamas, penguasa de facto di Gaza sejak 2007.

Nara sumber dari AS, seperti dikutip Channel 10 mengatakan, Netanyahu dan Sisi membahas kemungkinan gencatan senjata jangka panjang di Gaza. Seperti diketahui, sejak 2008 Israel telah melancarkan tiga perang melawan Hamas di Gaza.

Masih menurut Channel 10, Netanyahu dan As-Sisi juga meninjau kemungkinan kembalinya kekuasaan Otoritas Palestina ke Gaza, pelonggaran blokade atas Gaza, dan rekonstruksi infrastruktur di sana.

Abdul Fattah As-Sisi belum menyatakan kesediaannya untuk ditemui AFP guna mengonfirmasi laporan Channel 10 ini. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kesaksian Warga Desa Kamboja Hempaskan Megaproyek Cina (Bagian 1)

Organization