Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Menhan Israel Pastikan Mesir Sekutu Penting di Timur Tengah

Menhan Israel Pastikan Mesir Sekutu Penting di Timur Tengah

Menhan penjajah Israel, Avigdor Lieberman (aljazeera.net)
Menhan penjajah Israel, Avigdor Lieberman (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Palestina. Menhan Israel, Avigdor Lieberman, menyatakan Mesir adalah sekutu penting negara penjajah itu di Timur Tengah, selain beberapa negara Arab lainnya.

Sebagaimana diberitakan Aljazeera (25/7/2016), hal itu disampaikan Lieberman dalam rapat dengar pendapat dengan Knesset (Parlemen Israel) dan menyampaikan dirinya berupaya membangun kepercayaan dan kerjasama strategis dengan Mesir.

Menurutnya, kesepakatan normalisasi hubungan dengan Turki beberapa waktu lalu erat kaitan juga dengan kepentingan Israel terhadap Mesir.

Dalam hal ini, Tel Aviv dan Ankara baru saja menyepakati perjanjian normalisasi hubungan setelah membeku beberapa tahun akibat serangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara yang membawa bantuan ke Jalur Gaza.

Terkait Mesir sendiri, kunjungan Menlu Sameh Shoukry ke Tel Aviv pada 11 Juli 2016 lalu merupakan kunjungan pertama pejabat tinggi Mesir ke Israel sejak tahun 2007.

Hubungan Mesir-Israel mencair dan semakin membaik sejak pemimpin kudeta Abdul Fatah As-Sisi mengambil alih kekuasaan di Mesir pada Juli 2013, yang ditandai dengan pembukaan kembali Kedutaan Israel di Cairo.

Hanya saja normalisasi hubungan di tingkat pemerintahan ini tidak mencerminkan normalisasi hubungan di tingkat rakyat sipil keduanya. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization