Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Turki: Kita Akan Perbaiki Hubungan dengan Mesir, Irak, dan Suriah

Turki: Kita Akan Perbaiki Hubungan dengan Mesir, Irak, dan Suriah

PM Turki, Binali Yildirim (aljazeera.net)
PM Turki, Binali Yildirim (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Turki. PM Turki, Binali Yildirim, menyatakan bahwa negaranya akan berupaya untuk memperbaiki hubungan dengan seluruh negara, di antaranya Irak, Suriah, dan Mesir. Hal itu disampaikan Yildirim dalam pertemuan partai berkuasa Turki, AKP, di Ankara baru-baru ini, sebagaimana dilansir Aljazeera (11/7/2016).

Dalam kesempatan itu, Yildirim menegaskan Turki pada posisi yang benar kasus penembakan pesawat tempur Rusia berapa waktu lalu yang menyebabkan kerenggangan hubungan kedua negara.

Meskipun demikian, pemimpin kedua negara saat ini tengah berupaya untuk memperbaiki keadaan itu.

Menurut koresponden Aljazeera di Ankara, keterangan Yildirim adalah bagian dari apa rencana kerja yang diumumkannya pada saat menerima amanat kursi perdana menteri, menggantikan Ahmet Davutoglu.

Sejauh ini keinginan untuk memperbaiki hubungan dengan negara-negara tetangga belum diikuti dengan langkah-langkah nyata, sebagaimana yang diungkapkan Wakil PM Turki, Numan Kurtulmus.

Sebagaimana diketahui, hubungan Turki-Mesir memburuk setelah kudeta 3 Juli 2013 yang menggulingkan Presiden Muhammad Morsi. Hubungan diplomatik kedua negara berada di ujung tanduk, khususnya setelah aksi saling memulangkan duta besar negara masing-masing. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization