Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Minta Iran Segera Hengkang dari Yaman, Suriah, dan Irak

Erdogan Minta Iran Segera Hengkang dari Yaman, Suriah, dan Irak

Presiden Erdogan dan Presiden Ouattara dalam keterangan pers Ankara (aljazeera.net)
Presiden Erdogan dan Presiden Ouattara dalam keterangan pers Ankara (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Turki. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, meminta negara Syiah Iran dan menarik kekuatannya dari Yaman, Suriah, dan Irak, sebagaimana dilansir Aljazeera (27/3/2015).

Erdogan menegaskan bahwa Turki mendukung operasi militer koalisi Arab memerangi Syiah Hutsi di Yaman dan menuding Iran telah berupaya untuk menguasai kawasan Timur Tengah yang dinilai telah mengusik Turki, Arab Saudi, dan negara-negara Teluk lainnya.

Hal itu diungkap Erdogan dalam keterangan pers bersama Presiden Pantai Gading, Alassane Ouattara, yang sedang berkunjung ke Ankara baru-baru ini (26/3/2015).

Menurutnya, pernyataan Iran yang terang-terangan mendukung Syiah Hutsi dan menentang operasi militer Koalisi Arab sesuatu yang normal dan sudah ditebak, sekaligus hal itu mengungkap peran negara Syiah itu dalam konflik di Suriah dan Irak.

Sebelumnya, Turki mengumumkan jika pihaknya mendukung operasi militer yang dikomandoi Arab Saudi terhadap Syiah Hutsi di Yaman, dengan alasan hal itu akan mengembalikan pemerintahan yang seharusnya di negara itu. (aljazeera/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization