Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Berseteru dengan Kanada, Berikut yang Mendukung dan Menentang Saudi

Berseteru dengan Kanada, Berikut yang Mendukung dan Menentang Saudi

Arab Saudi dan Kanada. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Riyadh. Negara-negara Arab dan organisasi regional menyampaikan dukungan pada Arab Saudi terkait krisis dengan Kanada. Sementara sejumlah organisasi dan tokoh lain mendukung Kanada dalam situasi kebebasan HAM di Saudi.

Uni Emirat Arab dan Bahrain segera menyampaikan dukungan atas keputusan Saudi. Merespon sikap Kanada, Riyadh segera mengusir dubes Kanada, memanggil dubesnya di Ottawa dan memutuskan hubungan dagang yang ada.

Abu Dhabi dan al-Manamah menyampaikan solidaritasnya bersama Arab Saudi. Kedua negara teluk itu juga menolak segala upaya intervensi yang menyentuh kedaulatan negara lain.

Beberapa saat kemudian, Liga Arab juga menyampaikan dukungan pada Riyadh. Dalam keterangannya disebutkan bahwa perselisihan itu “cerminan dari adanya pendekatan tak menguntungkan oleh sebagian negara dalam menyampaikan kritik dan dikte terkait urusan internal negara lain”.

Dukungan pada Riyadh juga datang dari organisasi lain, seperti Liga Muslim Dunia dan Parlemen Arab.

Sekjen Dewan Kerja Sama Teluk juga menyampaikan dukungan atas keputusan Saudi. Namun Kemenlu Qatar menegaskan bahwa pernyataan Sekjen itu tidak mewakili sikap Doha.

Sementara itu, Amnesti Internasional menyebut reaksi Saudi ke Kanada menunjukkan bahwa negara Barat tidak boleh tunduk pada pembungkaman terhadap cara Riyadh menindak para oposisinya.

Sedangkan di Yaman, Oposisi Hutsi menyambut baik pembukaan kedubes Kanada, menggantikan negara yang telah menghinanya, yaitu Saudi.

Wakil Belanda di Parlemen Eropa juga menyampaikan dukungan pada Kanada. Selain juga mengecam pelanggaran HAM yang ada di Saudi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Organization