Home / Berita / Internasional / Asia / Berseteru dengan Kanada, Berikut yang Mendukung dan Menentang Saudi

Berseteru dengan Kanada, Berikut yang Mendukung dan Menentang Saudi

Arab Saudi dan Kanada. (Aljazeera)
dakwatuna.com – Riyadh. Negara-negara Arab dan organisasi regional menyampaikan dukungan pada Arab Saudi terkait krisis dengan Kanada. Sementara sejumlah organisasi dan tokoh lain mendukung Kanada dalam situasi kebebasan HAM di Saudi.

Uni Emirat Arab dan Bahrain segera menyampaikan dukungan atas keputusan Saudi. Merespon sikap Kanada, Riyadh segera mengusir dubes Kanada, memanggil dubesnya di Ottawa dan memutuskan hubungan dagang yang ada.

Abu Dhabi dan al-Manamah menyampaikan solidaritasnya bersama Arab Saudi. Kedua negara teluk itu juga menolak segala upaya intervensi yang menyentuh kedaulatan negara lain.

Beberapa saat kemudian, Liga Arab juga menyampaikan dukungan pada Riyadh. Dalam keterangannya disebutkan bahwa perselisihan itu “cerminan dari adanya pendekatan tak menguntungkan oleh sebagian negara dalam menyampaikan kritik dan dikte terkait urusan internal negara lain”.

Dukungan pada Riyadh juga datang dari organisasi lain, seperti Liga Muslim Dunia dan Parlemen Arab.

Sekjen Dewan Kerja Sama Teluk juga menyampaikan dukungan atas keputusan Saudi. Namun Kemenlu Qatar menegaskan bahwa pernyataan Sekjen itu tidak mewakili sikap Doha.

Sementara itu, Amnesti Internasional menyebut reaksi Saudi ke Kanada menunjukkan bahwa negara Barat tidak boleh tunduk pada pembungkaman terhadap cara Riyadh menindak para oposisinya.

Sedangkan di Yaman, Oposisi Hutsi menyambut baik pembukaan kedubes Kanada, menggantikan negara yang telah menghinanya, yaitu Saudi.

Wakil Belanda di Parlemen Eropa juga menyampaikan dukungan pada Kanada. Selain juga mengecam pelanggaran HAM yang ada di Saudi. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Komentari Kasus Khashoggi, Putin: AS Harus Bertanggung Jawab

Organization