Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Hadiri Pertemuan NATO di Brussel, Belgia

Erdogan Hadiri Pertemuan NATO di Brussel, Belgia

Jabat tangan antara Erdogan dan Trump disaksikan Presiden Prancis (tengah). (Anadolu)
dakwatuna.com – Brussel. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri upacara pembukaan pertemuan kepala negara anggot Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Pertemuan digelar di markas NATO di Brussel, Belgia.

Pertemuan NATO dihadiri oleh 26 kepala negara dan kepala pemerintahan anggota. Pertemuan dua hari itu disebut akan mengadopsi keputusan penting tentang masa depan Aliansi.

Setelah pembukaan, 29 kepala negara dan pemerintah NATO juga mengunjungi pameran tentang sejarah dan kegiatan organisasi bersama dengan Sekjen NATO, Jens Stoltenberg.

Menurut Erdogan dalam pernyataannya, Pertemuan ini diatur untuk meninjau langkah-langkah penyesuaian NATO dengan ancaman keamanan saat ini. Selain juga bertukar pandangan tentang ancaman terhadap keamanan Euro-Atlantik

Di sela-sela pertemuan, Presiden Turki dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara, termasuk dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Ada yang menarik dalam agenda tersebut. Ketika Erdogan berjalan di koridor menuju ruangan yang dikhususkan baginya, Presiden Turki itu dikejutkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Erdogan kemudian berbincang sesaat dengan kedua presiden tersebut.

Setelah itu, kamera media menangkap jabatan tangan erat antara Erdogan dan Trump. Jabat tangan hangat itu sontak mendapat perhatian luas oleh pers dan opini publik.

Pertemuan NATO kali ini juga membahas enam topik utama, termasuk penguatan pertahanan, kontra-terorisme dan stabilitas, penguatan kerja sama dengan Uni Eropa, modernisasi NATO, berbagi tanggung jawab dan nilai-nilai umum, serta serikat trans-atlantik. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization