Home / Berita / Internasional / Asia / Turki: Normalisasi dengan Israel Tidak Berarti Diam Melihat Serangan ke Gaza

Turki: Normalisasi dengan Israel Tidak Berarti Diam Melihat Serangan ke Gaza

Normalisasi hubungan Turki_Israel (islammemo.cc)
Normalisasi hubungan Turki_Israel (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Turki. Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan Senin kemarin (22/8/2016) bahwa normalisasi hubungan dengan Israel tidak berarti diam atas serangan-serangan militer yang kembali dilancarkan penjajah Yahudi itu ke Jalur Gaza.

Kemlu Turki menegaskan bahwa pihaknya akan terus pada posisi membela Palestina menentang pelanggaran-pelanggaran Israel terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Kami sangat mengecam serangan-serangan brutal Israel terhadap warga sipil Palestina. Apa pun alasannya, tidak dapat dibenarkan menargetkan dan menyerang warga sipil,” demikian bunyi rilis yang keluarkan.

Sebelumnya militer Israel mengumumkan bahwa pihaknya telah menembakkan roket ke sejumlah titik target di Jalur Gaza pada Minggu siang (21/8/2016), dengan alasan sebagai balasan serangan roket menyasar wilayahnya Siderot.

Sejauh ini, tidak ada faksi Palestina mana pun di Jalur Gaza yang mengklaim dan mengaku bertanggung jawab atas serangan roket itu.

Israel dan Turki mengumumkan pada akhir Juni 2016 lalu telah mencapai kesepahaman untuk normalisasi kembali hubungan diplomatik kedua pihak. PM Turki, Binali Yildirim, juga mengatakan bahwa Israel telah melaksanakan seluruh persyaratan yang dituntut Turki untuk kesepakatan tersebut.

Hubungan kedua pihak memburuk setelah serangan dan kekerasan militer Israel ke kapal Mavi Marmara Turki yang sedang mengantarkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, mengakibatkan sepuluh aktivis kemanusiaan Turki tewas. (rem/dakwatuna)

Sumber: Islam Memo

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Penangkapan Dai dan Masyayikh di Saudi Berlanjut

Organization