Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ternyata, Peretasan Kantor Berita Qatar Dilakukan di Arab Saudi

Ternyata, Peretasan Kantor Berita Qatar Dilakukan di Arab Saudi

Qatar News Agency (QNA). (aljazeera.net)
dakwatuna.com – Doha. Peretasan Kantor Berita Qatar (QNA) dan publikasi pernyataan palsu yang dikaitkan kepada Emir Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani, dapat dikaitkan dengan sel pembajakan di Arab Saudi. hal ini terungkap melalui penyelidikan yang dirilis Aljazeera.

Menurut penyelidikan tersebut, sel peretas bekerja dari dalam salah satu kementerian terkemuka di Riyadh, Saudi.

Peretasan terhadap QNA dan media sosial pemerintah Qatar dilakukan pada 24 Mei 2017 silam. Peristiwa tersebut memicu krisis diplomatik terbesar di Teluk. Bahkan pada 05 Juni 2017, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha dan memberlakukan boikot darat, laut, udara.

Saudi dan aliansinya menuding Qatar sebagai pendukung terorisme serta memajukan agenda rival mereka, Iran. Doha telah membantah dengan tegas semua tudingan tersebut.

Setelah peretasan, Doha membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus tersebut.

Sebuah perusahaan fiktif UEA di Azerbaijan meminta kepada tiga perusahaan di Turki, untuk mendeteksi pelanggaran keamanan dalam daftar situs web berita daring termasuk QNA. Tiga perusahaan Turki itu memang bekerja di pengamanan platform dan situs web daring.

Menurut penyelidikan, perusahaan UEA itu kemudian menghentikan operasinya di Azerbaijan, segera setelah data yang diinginkan didapat. Informasi itu kemudian diserahkan kepada tim peretas Arab Saudi.

Sementara itu, Institut Komputerisasi Qatar menyebut ada 187 akun Twitter baru selama atau sebelum krisis pecah. Dikatakannya, akun-akun baru itu dibuat oleh para pemboikot.

Penulis Qatar Abdulaziz al-Ishaq kepada Aljazeera mengatakan, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud tahu tentang rencana peretasan kantor berita Qatar ini selama kunjungannya di Doha pada Desember 2016 lalu. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization