Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar dan Kuwait Komentari Keluarnya Amerika dari Kesepakatan Nuklir Iran

Qatar dan Kuwait Komentari Keluarnya Amerika dari Kesepakatan Nuklir Iran

(Aljazeera)

dakwatuna.com – Doha. Negara Qatar menegaskan bahwa sikapnya sama seperti sikap negara-negara Teluk dalam hal kesepakatan nuklir Iran, yaitu netral.

Namun di sisi lain Doha juga prihatin terhadap setiap konsekuensi dari keputusan yang diambil salah satu pihak dalam kesepakatan tersebut.

Qatar juga menegaskan, prioritas yang harus diutamakan adalah membebaskan Timur Tengah dari senjata nuklir. selain juga mencegah masuknya kekuatan regional dalam perlombaan senjata yang akibatnya sangat serius.

Sementara itu, Pemerintah Kuwait mengaku mengikuti dengan seksama keputusan penarikan diri AS dari kesepakatan nuklir. Hal ini sebagaimana disampaikan seorang pejabat di Kemenlu Kuwait.

Dilansir Aljazeera, Kamis (10/05/2018), Kuwait mengaku dapat memahami dan menghormati keputusan yang diambil Washington.

Namun, Kuwait tetap berpegang teguh pada asas bahwa kawasan Timur Tengah harus bersih dari persenjataan nuklir.

Seperti diketahui, Amerika Serikat pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang dibuat pada 2015 silam. Selain itu, Washington juga memberlakukan kembali sanksi nuklir pada Teheran yang sempat ditangguhkan dengan adanya kesepakatan tersebut. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization