Home / Berita / Internasional / Asia / Qatar dan Kuwait Komentari Keluarnya Amerika dari Kesepakatan Nuklir Iran

Qatar dan Kuwait Komentari Keluarnya Amerika dari Kesepakatan Nuklir Iran

(Aljazeera)

dakwatuna.com – Doha. Negara Qatar menegaskan bahwa sikapnya sama seperti sikap negara-negara Teluk dalam hal kesepakatan nuklir Iran, yaitu netral.

Namun di sisi lain Doha juga prihatin terhadap setiap konsekuensi dari keputusan yang diambil salah satu pihak dalam kesepakatan tersebut.

Qatar juga menegaskan, prioritas yang harus diutamakan adalah membebaskan Timur Tengah dari senjata nuklir. selain juga mencegah masuknya kekuatan regional dalam perlombaan senjata yang akibatnya sangat serius.

Sementara itu, Pemerintah Kuwait mengaku mengikuti dengan seksama keputusan penarikan diri AS dari kesepakatan nuklir. Hal ini sebagaimana disampaikan seorang pejabat di Kemenlu Kuwait.

Dilansir Aljazeera, Kamis (10/05/2018), Kuwait mengaku dapat memahami dan menghormati keputusan yang diambil Washington.

Namun, Kuwait tetap berpegang teguh pada asas bahwa kawasan Timur Tengah harus bersih dari persenjataan nuklir.

Seperti diketahui, Amerika Serikat pada akhirnya memutuskan untuk keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang dibuat pada 2015 silam. Selain itu, Washington juga memberlakukan kembali sanksi nuklir pada Teheran yang sempat ditangguhkan dengan adanya kesepakatan tersebut. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Cina Panggil Duta Besar Amerika Serikat