Home / Berita / Internasional / Asia / Jika Iran Benar Miliki Senjata Nuklir, Ini yang Akan Dilakukan Saudi

Jika Iran Benar Miliki Senjata Nuklir, Ini yang Akan Dilakukan Saudi

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir. (dailybasarat.com)

dakwatuna.com – Riyadh. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir, membeberakan sikap negaranya jika Iran benar-benar memiliki senjata nuklir. Menurutnya, Saudi juga akan mengembangkan senjata nuklir jika Iran benar memilikinya.

Saat wawancara dengan CNN Amerika, Al Jubeir ditanyai soal kemungkinan Saudi mengembangkan senjata nuklir. “Jika Iran punya kemampuan nuklir, maka kami akan melakukan segala hal untuk memiliki hal yang sama,” jawabnya.

Pernyataan senada juga pernah diungkapkan Putra Mahkota Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman Al Saud. Tepatnya pada bulan Maret lalu, Bin Salman menyebut negaranya tidak ingin memiliki senjata nuklir.

Namun ia menegaskan, Saudi akan mengembangkan bom nuklir apabila Iran memang memilikinya.

Sebelumnya, Saudi juga telah mengadopsi kebijakan nasional untuk energi atom. Namun kebijakan tersebut dibatasi hanya untuk kepentingan damai dan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh undang-undang, perjanjian serta konvensi internasional.

Lebih lanjut, Saudi juga berharap akan mengembangkan teknologi nuklir untuk kepentingan damai. Namun Riyadh belum menjelaskan kemungkinan pengayaan uranium untuk mengembangkan senjata nuklir.

Arab Saudi juga mendukung dan menyambut baik keluarnya Amerika Serikat dari kesepakatan nuklir Iran. Melalui pernyataan resminya, Saudi menganggap Teheran mengambil keuntungan dengan kesepakatan itu untuk terus merongrong stabilitas di kawasan. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Kesaksian Warga Desa Kamboja Hempaskan Megaproyek Cina (Bagian 1)

Organization