Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu AS ke Netanyahu: Peresmian Kedutaan AS di Al-Quds Sesuai Jadwal

Menlu AS ke Netanyahu: Peresmian Kedutaan AS di Al-Quds Sesuai Jadwal

Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Benyamin Netanyahu. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat menegaskan negaranya akan meresmikan kedutaan di Al-Quds pada 14 Mei mendatang. Menurutnya, pengakuan AS yang menyebut Al-Quds ibu kota Israel adalah pengakuan berdasarkan fakta.

Dilansir Aljazeera, Senin (30/04/2018), hal itu disampaikan Menlu AS Mike Pompeo saat bertemu dengan Perdana Menteri Zionis Benyamin Netanyahu.

Kepada Netanyahu, Pompeo juga menyebut kekhawatiran AS terhadap hegemoni Iran di Timur Tengah. Terlebih hal itu akan menjadi ancaman bagi Israel.

Dalam pertemuan itu, Pompeo menyebut senjata nuklir Iran sebagai yang paling berbahaya di dunia. Menurutnya, apabila revisi kesepekatan nuklir tidak terjadi, maka AS akan menarik diri dari kesepakatan tersebut.

Selain itu, Pompeo juga menyatakann hubungan erat antara dirinya dengan Benyamin Netanyahu. “Anda punya tempat tersendiri dalam hatiku,” kata Pompeo kepada Netanyahu.

Kunjungan Pompeo ke Israel dalam rangka memobilisasi dukungan di antara sekutu-sekutu AS untuk melawan Iran. Selain itu, Iran juga dianggap sebagai musuh bersama bagi Washington dan Tel Aviv.

Sebelum ke Israel, Pompeo terlebih dahulu berkunjung ke Arab Saudi. Di sana Menlu AS yang baru itu bertemu dengan Menlu, Putra Mahkota serta Raja Arab Saudi. Disebutkan, kepada ketiganya Pompeo membawa pesan agar krisis Teluk dan pemboikotan Qatar segera diakhiri. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization