Home / Berita / Internasional / Asia / Menlu AS ke Netanyahu: Peresmian Kedutaan AS di Al-Quds Sesuai Jadwal

Menlu AS ke Netanyahu: Peresmian Kedutaan AS di Al-Quds Sesuai Jadwal

Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama Benyamin Netanyahu. (Aljazeera)

dakwatuna.com – Tel Aviv. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat menegaskan negaranya akan meresmikan kedutaan di Al-Quds pada 14 Mei mendatang. Menurutnya, pengakuan AS yang menyebut Al-Quds ibu kota Israel adalah pengakuan berdasarkan fakta.

Dilansir Aljazeera, Senin (30/04/2018), hal itu disampaikan Menlu AS Mike Pompeo saat bertemu dengan Perdana Menteri Zionis Benyamin Netanyahu.

Kepada Netanyahu, Pompeo juga menyebut kekhawatiran AS terhadap hegemoni Iran di Timur Tengah. Terlebih hal itu akan menjadi ancaman bagi Israel.

Dalam pertemuan itu, Pompeo menyebut senjata nuklir Iran sebagai yang paling berbahaya di dunia. Menurutnya, apabila revisi kesepekatan nuklir tidak terjadi, maka AS akan menarik diri dari kesepakatan tersebut.

Selain itu, Pompeo juga menyatakann hubungan erat antara dirinya dengan Benyamin Netanyahu. “Anda punya tempat tersendiri dalam hatiku,” kata Pompeo kepada Netanyahu.

Kunjungan Pompeo ke Israel dalam rangka memobilisasi dukungan di antara sekutu-sekutu AS untuk melawan Iran. Selain itu, Iran juga dianggap sebagai musuh bersama bagi Washington dan Tel Aviv.

Sebelum ke Israel, Pompeo terlebih dahulu berkunjung ke Arab Saudi. Di sana Menlu AS yang baru itu bertemu dengan Menlu, Putra Mahkota serta Raja Arab Saudi. Disebutkan, kepada ketiganya Pompeo membawa pesan agar krisis Teluk dan pemboikotan Qatar segera diakhiri. (whc/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Mahathir Muhammad Kritik Kebijakan Trump