Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Tegaskan Urgensi Keamanan dan Stabilitas di Iran

Erdogan Tegaskan Urgensi Keamanan dan Stabilitas di Iran

Presiden Erdogan bersama Presiden Iran Hassan Rouhani. (Aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menghubungi Presiden Iran Hassan Rouhani melalui sambungan telepon, Rabu (03/01/2018). Kepada Rouhani, Erdogan menyebut negaranya berpandangan penting mempertahankan keamanan dan stabilitas di Iran.

Dilansir dari aa.com.tr/ar, Erdogan juga membenarkan pernyataan Rouhani terkait hak rakyat untuk menyampaikan aspirasi secara damai. Menurutnya, itu sebagai upaya untuk menghindari pelanggaran terhadap hak-hak asasi manusia.

Sebelumnya, Presiden Iran itu menyebut pemerintahnya menjamin hak rakyat untuk berkumpul dan menyampaikan pendapat secara damai. Namun, ia juga mengklaim ada jutaan rakyat pro pemerintah yang siap turun ke jalan jika keadaan mendesak.

Sementara itu, Rouhani mengucapkan terima kasih kepada Erdogan atas perhatiannya pada Iran. Selain juga menyampaikan harapannya agar demonstrasi dapat berakhir sesegera mungkin.

Demonstrasi anti pemerintah di Iran mengundang perhatian dari dunia internasional. Dalam menanggapinya, negara-negara berbeda sikap yang ditunjukkan. Ada yang terang-terangan mendukung massa, seperti Presiden Trump. Adapula yang menunjukkan sikap diplomatik.

Perhatian serupa juga datang dari Turki. Sebelum pembicaraan Erdogan dan Rouhani, jubir pemerintahan Turki, Bekir Bozdag telah menyampaikan sikap negaranya.

Bozdag mengatakan, negaranya menolak segala bentuk peralihan rezim berdasar pada praktik-praktik kekerasan. Menurutnya, pergantian tampuk kepemimpinan suatu negara harus sesuai dengan konstitusi yang berlaku.

Bozdag menambahkan, kekacauan yang terjadi di Iran sangat merugikan, bukan hanya pada Iran sendiri, melainkan juga kerugian bagi kawasan Timur Tengah. Ia juga menyeru baik pemerintah maupun rakyat Iran harus sama-sama menahan diri. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sidang Darurat DK PBB Terkait Iran, Ajang Adu Kuat Rusia dan AS

Organization