Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Peresmian Masjid Agung Moskow oleh Putin, Dihadiri Erdogan dan Mahmud Abbas

Peresmian Masjid Agung Moskow oleh Putin, Dihadiri Erdogan dan Mahmud Abbas

Putin meresmikan Masjid Agung Moskow bersama Erdogan dan Mahmud Abbas (arabic.rt.com)
Putin meresmikan Masjid Agung Moskow bersama Erdogan dan Mahmud Abbas (arabic.rt.com)

dakwatuna.com – Rusia. Presiden Rusia, Vladimir Putin, meresmikan pada Rabu kemarin (23/9/2015) Masjid Agung Moskow yang dihadiri pula oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Palestina, Mahmud Abbas.

Dalam sambutannya, Putin menyinggung tentang ISIS dan menyebut ideologi yang dianut kelompok teroris itu penuh dengan kebohongan dan jauh dari kebenaran Islam. Putin menegaskan bahwa Rusia tetap akan konsisten memerangi kelompok-kelompok radikal.

Putin mengungkapkan bahwa jaringan ISIS telah mengotori citra Islam sebagai agama yang mendunia dan besar. ISIS juga menanamkan kebencian dan melakukan aksi-aksi pembunuhan, menghancurkan peninggalan-peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi.

Menurut Putin, jaringan ISIS juga merekrut pendukung dari rakyat Rusia, tetapi ulama Islam di negara itu membantu menghadapi dan meluruskan pemahaman-pemahaman yang radikal.

Lebih lanjut, Putin mengungkapkan urgensi pendidikan pemuda muslim berdasarkan nilai-nilai Islam yang sebenarnya serta urgensi menetapkan batasan-batasan bagi upaya-upaya yang ingin memasukkan pandangan-pandangan asing yang tidak ada hubungannya dengan Islam.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam kesempatan sambutan yang diberikan padanya menyampaikan rasa bahagianya atas peresmian Masjid Agung Moskow yang dinilainya sebagai pesan yang sangat jelas dari Rusia yang ingin mengutamakan nilai-nilai toleransi dan saling menghormati antar pemeluk umat beragama.

Presiden Abbas juga menyerukan masyarakat internasional agar melindungi situs-situs suci umat Islam dan Kristen untuk mewujudkan perdamaian.

Abbas juga mengecam penistaan Masjid Al-Aqsa yang dilakukan Israel dalam beberapa hari terakhir ini, dan menegaskan bahwa Masjid Al-Aqsa adalah hak umat Islam. Menurutnya, Pemerintah Palestina mengecam langkah apapun yang ditempuh Israel berakibat pada terhalangnya hak umat Islam untuk sampai ke Masjid Al-Aqsa.

Sedangkan Presiden Erdogan memanfaatkan kesempatan sambutannya dengan mengecam pelanggaran Israel di Masjid Al-Aqsa, dan menyerukan dunia internasional untuk menekan negara zionis itu.

Erdogan juga menyoroti penderitaan yang dihadapi oleh para pengungsi Suriah yang berjuang hijrah ke daratan Eropa untuk mencari keamanan dan kehidupan yang layak. Menurut Erdogan, Turki sejauh ini telah menampung sekitar 2 juta pengungsi Suriah dan senantiasa memberikan bantuan kemanusiaan untuk mereka. (rem/dakwatuna)

Sumber: RT Arabic

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization