Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Resmikan Terowongan Bawah Laut Penghubung Dua Benua

Erdogan Resmikan Terowongan Bawah Laut Penghubung Dua Benua

Erdogan resmikan terowongan bawah laut Eurasia. (turkpress.co)

dakwatuna.com – Istanbul. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka terowongan bawah laut bernama Eurasia yang menghubungkan dua benua; Eropa dan Asia di kota Istanbul. Selasa, (20/12/2016).

Terowongan yang berada di bawah laut selat Bosphorus ini setiap harinya akan dilewati lebih dari 100.000 kendaraan. Terowongan ini akan meringkas jarak tempuh dari daerah Kazlicesme ke daerah Göztepe yang semula 100 menit menjadi 15 menit.

Terowongan yang pembangunannya memakan waktu 5 tahun lebih tersebut memiliki jarak 14,6 Km. 5,4 Km. diantaranya berada di bawah dasar laut selat Bosphorus.

Jalan raya terowongan ini terbentang dari kota Istanbul yang berada di benua Eropa, tepatnya daerah Kazlicesme menuju daerah Göztepe  yang berada di benua Asia. Bagian terowongan yang memasuki wilayah dasar laut dibuat dalam dua tingkat. Kecepatan kendaraan yang melintasi terowongan ini akan dibatasi maksimal 77 km/jam.

Majalah terbitan Amerika, Enigeering News Record menobatkan terowongan Eurasia ini sebagai terowongan laut terbaik di dunia sepanjang tahun 2016. Seperti yang dilansir laman aa.com.tr, Senin (20/12/2016). (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization